0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Karanganyar Masih Butuh Tambahan Agen Pos

Kantor Pos Karanganyar (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Untuk dapat menjangkau konsumen lebih luas, Kantor Pos Karanganyar menggenjot penambahan agen pos. Saat ini, baru ada tujuh agen pos yang tersebar di beberapa titik di kabupaten tersebut.

“Yang dilayani di agen pos sama seperti di Kantor Pos. Mulai dari pengiriman surat, pengiriman barang, hingga pembayaran sejumlah rekening, seperti listrik, telepon, air minum, dan sebagainya,” kata Kepala Kantor Pos Karanganyar Luthfi Hakim, Kamis (23/6).

Saat ini keberadaan agen pos berkontribusi positif terhadap kinerja Kantor Pos dalam melayani masyarakat. Sebab agen-agen tersebut tersebar hingga wilayah kecil, yang jaraknya cukup jauh dari lokasi Kantor Pos. Agen pos juga untuk menangkap peluang bisnis, di mana saat ini keberadaan toko online berkembang pesat.

“Pelaku usaha toko online bisa mengirim barang via agen pos terdekat, jika jarak ke Kantor Pos jauh,” tuturnya.

Peluang penambahan agen pos di Karanganyar, menurutnya, masih terbuka lebar. Sebab masih banyak wilayah yang belum tergarap, baik di dalam kota maupun di kecamatan-kecamatan.

“Di Karanganyar baru ada tujuh agen. Itu pun yang aktif hanya lima. Kalau misalnya ada masyarakat yang tertarik untuk membuka agen pos, peluangnya masih sangat terbuka,” katanya.

Untuk membuka agen pos, masyarakat tidak akan dipungut royalti dan beban modal tinggi. Cukup menyediakan tempat dan infrastruktur pendukung untuk kebutuhan transaksi.

“Kalau sudah buka, pelaku jasa agen pos membayar sejumlah deposit ke Kantor Pos. Setiap transaksi, nanti akan mengurangi deposit tersebut,” ujarnya.

Dalam pengiriman paket dan surat dari masyarakat, agen pos juga tidak perlu bergerak sendiri. Kantor Pos akan mengambil paket dan surat  yang terkumpul di agen pos, untuk selanjutnya didistribusikan ke alamat tujuan.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge