0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sidak Pasar, Tim Gabungan Temukan Makanan Kadaluwarsa

Sidak mamin di Pasar Baturetno (timlo.net/tarmuji)

Wonogiri – Tim gabungan yang terdiri dari KKP, DKK, Disnakperla, Disperindagkop UMKM, Dishutbun dan DipertanTPH mengelar sidak di sejumlah pasar dan pertokoan. Dalam sidak tersebut tim menemukan sejumlah makanan dan minuman (mamin) kemasan yang sudah kadaluwarsa, Jumat (24/6).

“Selama dua hari sidak yang kami gelar, sudah menyasar 10 titik pantauan, di dua kecamatan yakni Kecamatan Purwantoro dan Baturetno,” ungkap Kepala Kantor Ketahanan Pangan(KKP) Wonogiri, Stefanus Pranowo.

Dalam pemeriksaan peredaran mamin ini, tim mendapatkan temuan berupa produk mamin yang telah kadaluwarsa, tidak mencantumkan tanggal kedaluwarsa, serta tidak memiliki nomor Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT). Namun, pihaknya tidak memperoleh temuan pada produk daging.

“Untuk produk yang kedaluwarsa, beberapa pemilik toko sudah berinisiatif menyisihkannya untuk dikembalikan,” ujarnya.

Dia juga memberi perhatian pada produk yang tidak memiliki nomor PIRT. Menurutnya, produk yang memiliki nomor PIRT lebih mudah diawasi kesehatannya. Dia juga menyebut, penjual mamin yang kedapatan menjual mamin kadaluwarsa langsung mendapat pembinaan.

“Sebenarnya, ngurus PIRT itu mudah, DKK memberikan kemudahan, dan itu sebagai upaya melindungi konsumen, ” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge