0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gangguan Kesehatan yang Perlu Diwaspadai Saat Lebaran

Klaten – Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten menghimbau masyarakat untuk mewaspadai penyakit pasca lebaran. Pasalnya, asupan pola makan warga paska lebaran biasanya tidak terkontrol dan berlebihan.

“Pola konsumsi biasanya berubah pada saat ramadan, menjelang ke lebaran. Maka kami menghimbau agar warga mewaspadai penyakit diare,” tutur Pelaksana Tugas (Plt) Dinkes Klaten, Cahyono Widodo, Jumat (24/6).

Sementara, Kabid Pencegahan Penyakit Dinkes Klaten, Herry Martanta menambahkan, tidak hanya pola konsumsi, masyarakat juga diminta meningkatkan kewaspadaan penyebaran penyakit saat musim mudik lebaran. Prioritas pengawasan dilakukan terhadap perantau asal daerah endemis penyakit yang mudik ke Klaten untuk mencegah penyebaran penyakit yang terbawa masuk.

Menurut dia, bukan bermaksud mencurigai pemudik dari luar Klaten, tapi Dinkes ingin menjamin kesehatan masyarakat. Adapun pengawasan akan dilakukan oleh petugas medis Puskesmas hingga ke tingkat Puskesmas pembantu dengan melibatkan perangkat desa.

“Seperti pemudik dari Kalimantan, Papua, Purworejo, Bojonegoro, dan Wonosobo yang masih menjadi daerah endemis penyakit malaria. Tujuannya penyakit tersebut tidak dibawa kesini. Nanti akan ada tim yang bergerak untuk pendataan,” tambah Herry Martanta.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge