0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Alasan Sidang La Nyalla Digelar di Jakarta

merdeka.com
La Nyalla Mahmud Mattalitti (merdeka.com)

Timlo.net – Walikota Surabaya Tri Rismaharini meminta pada Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur, agar sidang dengan terdakwa La Nyalla Mahmud Mattalitti dalam kasus dugaan korupsi dana hibah Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur dipindah di Jakarta. Atas permintaan tersebut, Kejati Jatim menyanggupinya.

“Walikota Surabaya (Tri Rismaharini) yang minta, kalau sidang perkara La Nyalla digelar di Jakarta. Karena, bulan Juli akan ada acara Internasional di Surabaya,” terang Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jatim, Maruli Hutagalung, Jumat (24/6).

Acara Internasional tersebut adalah Konferensi Perkotaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) bertajuk Preparatory Committee (Prepcom) III United Nation (UN) Habitat yang akan digelar di Surabaya, pada bulan Juli 2016.

“Kemudian faktor keamanan. Karena, Wali Kota Surabaya tidak menginginkan event Internasional itu terganggu,” ucap mantan Direktur Penyidikan pada Jaksa Agung Muda Pidana Khusus Kejagung ini.

Apalagi, permintaan tersebut juga sudah melakukan pertemuan dengan Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah), dan disetujui, kejaksaan menindaklanjuti.

“Walikota tinggal mengajukan ke MA (Mahkamah Agung), agar sidangnya La Nyalla digelar di Jakarta,” tandas dia.

Perlu diingat, La Nyalla Mahmud Mattalitti ditetapkan tersangka korupsi penggunaan uang hibah Kadin Jatim untuk pembelian saham IPO (Initial Public Offering) Bank Jatim sebesar Rp5,3 miliar tahun 2012.

Kemudian, sahamnya ada yang dijual kembali oleh La Nyalla, dan mendapatkan keuntungan Rp1,1 miliar. Kepala Kejati Jatim, Maruli Hutagalung, menerbitkan surat perintah penyidikan dan penetapan tersangka La Nyalla pada Senin, 30 Mei 2016.

Penetapan La Nyalla sebagai tersangka itu untuk ketiga kalinya. Sebelumnya dia selalu memenangkan praperadilan.

Selama ditetapkan sebagai tersangka, La Nyalla bersembunyi di Singapura. Pada Selasa malam, 31 Mei 2016, dia ditangkap petugas Kejaksaan di Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta, setelah dideportasi petugas Imigrasi karena masa izin tinggalnya habis.

[hhw]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge