0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Terlalu Lama di Rest Area, Langsung Ditilang

timlo.net/putra kurniawan
SPBU siapkan rest area selama mudik (timlo.net/putra kurniawan)

Timlo.net – Polisi diminta aktif mengecek pemudik yang berhenti lama di rest area selama musim mudik lebaran. Hal itu dimaksudkan untuk menekan kepadatan antrean pemudik saat masuk area peristirahatan.

“Yang sulit ditilang. Apabila pengemudi mengantuk ada rest area yang diatur bergiliran sehingga tidak sebabkan macet tapi bisa memberi kesempatan untuk istirahat,” kata Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan, Jumat (24/6).

Dengan pembatasan tersebut, pemudik hanya akan diperbolehkan untuk singgah di tempat peristirahatan paling lama dua jam saja.

“Dikasih jam. Polisi yang cek. Dua jam keluar, suruh selesai. Kalau rest area penuh ya ditutup, tidak boleh numpuk nanti menimbulkan kemacetan,” ungkapnya.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Pudji Hartanto mengatakan, jika melebihi batas waktu yang ditetapkan, pemudik akan dikenakan penalti berupa denda.

“Misalnya setelah jam pertama habis kena Rp 250.000,” katanya.

Pudji mengatakan, denda dan batas waktu singgah diberlakukan karena selama ini lamanya waktu pemudik di rest area menjadi sumber kemacetan saat arus mudik dan balik. Permasalahan tersebut menimbulkan antrean panjang sehingga menimbulkan kemacetan yang mengular.

[bim]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge