0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

15 Puskesmas Jalur Mudik Klaten Siaga 24 Jam

dok.timlo.net/aditya wijaya
Pemkab Klaten gelar apel kesiapan ambulance jelang Lebaran (dok.timlo.net/aditya wijaya)

Klaten  — Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten menyiapkan enam Posko Kesehatan pada H-5 sampai H+ 5 Lebaran 2016. Selain itu, Diskes juga menyiagakan 15 pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) di jalur mudik. Petugas medis juga melayani pasien 24 jam penuh.

“Pemudik kami prediksi meningkat, maka petugas harus siap siaga menjaga posko 24 jam penuh,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kadinkes Klaten, Cahyono Widodo, Jumat (24/6).

Dikatakan, masing-masing posko yang tersebar mulai dari Prambanan hingga Delanggu itu akan disiagakan sebanyak 4 orang petugas medis. Meliputi seorang dokter, dua orang perawat, dan seorang pengemudi mobil ambulance.

“Jumlahnya (petugas medis) mencapai ratusan orang dan dibagi tiga shift per hari. Fungsi posko selain membantu pelayanan darurat juga siap mengantar dan memberi rujukan ke rumah sakit terdekat yang diinginkan,” kata dia.

Selain 6 Posko Kesehatan, pihaknya juga mempersiapkan 15 Puskesmas yang terletak di sepanjang Prambanan hingga perbatasan Solo. Selain pada jalur utama mudik Jalan Yogya-Solo, Dinkes  juga menyiagakan puskesmas pada jalur alternatif.

“Untuk Puskesmas di jalur mudik telah kami persiapkan. Selain petugas kesehatan dari Puskesmas nanti dibantu dari petugas PMI,” imbuh Cahyono.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge