0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Adakah Dampak Kemenangan Brexit untuk Indonesia?

Wapres Jusuf Kalla (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Kemenangan kubu pro-Brexit dalam referendum Inggris dinilai tidak berdampak besar secara langsung bagi Indonesia. Namun, keluarnya Inggris dari Uni Eropa ini memberikan sentimen proteksi ekonomi ke berbagai negara di belahan dunia.

“Efeknya bagi kita sebenarnya tidak besar, tapi spirit proteksi itu akan terjadi di banyak negara,” ujar Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) di Jakarta, Jumat (24/6).

Menurut JK, Indonesia akan terus menjaga hubungan baik dengan Inggris dan UE tanpa dipengaruhi sentimen kemenangan pro-Brexit.

“Indonesia sama saja sebenarnya, mengekspor ke Inggris dan mengekspor ke Uni Eropa sama saja, efeknya lebih banyak terjadi di internal Uni Eropa,” katanya.

Sentimen negatif untuk meningkatkan proteksi juga dapat terjadi antara Inggris dan Amerika Serikat yang selama ini memiliki hubungan ekonomi yang kuat dengan UE. Meskipun begitu, JK mengakui Brexit akan mengakibatkan sentimen negatif bagi investor asing yang menanamkan modalnya di Inggris, termasuk investor asal Indonesia.

“Itu (Brexit) bisa juga menyebabkan kebijakan-kebijakan yang sama di banyak negara, buktinya investasi di Inggris dari asing sekarang mulai menurun karena mereka tidak bisa bebas masuk Eropa, jadi terjadilah saham-saham yang jangkauannya luas menjadi negatif,” jelas dia.

[sau]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge