0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dua Back Hoe Tambang Ilegal Disita

Petugas amankan dua alat berat back hoe di Dusun Kajor, Desa Jrakah, Selo, Boyolali ()

Boyolali — Dua alat berat penambangan (back hoe) ilegal di Dukuh Kajor, Desa Jrakah, Selo, disita petugas Satpol PP Boyolali dan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi. Kedua back hoe  tersebut disita dalam waktu yang berbeda.

“Dua-duanya sudah kita amankan,” kata Kasi Pengawasan dan Pengendalian Balai ESDM Provinsi Jawa Tengah Wilayah Surakarta, Ahmad Surya Subagya, membenarkan, Jumat (24/6).

Sementara dari informasi yang berkembang, penyitaan terhadap dua alat berat di Kajor ada hubungan dengan kasus penganiayaan yang menimpa Kadus Sumber, Desa Klakah, Slamet. Penyitaan dua alat berat tersebut atas instruksi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

“Iya ada hubungan dengan kasus penganiayaan Kadus Sumber,” ungkap Kasi Sumber Daya Mineral DPU dan ESDM Boyolali, Mustajab.

Sementara ketika disinggung dengan alat berat lain yang berada di lokasi penambangan ilegal seperti di Desa Lanjaran, Jemowo, Sukorejo, Kecamatan Musuk; Desa Gubug dan Cabeankunti di Kecamatan Cepogo, hingga penambangan liar di Kali Apu, Kecamatan Selo, pihaknya belum mengambil sikap. Sebelumnya, saat Komisi III melakukan sidak, menemukan 8 alat berat back yang disembunyikan dibalik tebing di Kali Apu dan dua di rumah warga di Tlogolele.

“Kalau menurut warga tiap hari ada 20an alat berat yang beroperasi di Kali Apu,” ungkap Mustajab.

Sementara itu, penyidik Satpol PP, Tri Joko, selama ini bila menyita  alat berat di lokasi penambangan ilegal, petugas sering kesulitan mendapatkan truk trailer yang bersedia mengangkutnya. Hal ini karena, pemilik trailer sering disewa pemilik alat berat untuk mengangkut ke atas.

“Mereka tidak mau diminta mengangkut alat berat dari lokasi tambang,mungkin mereka perkewuh,”ujar Joko.

Pihaknya berharap ke depan pemerintah daerah memiliki aset minimal satu truk trailer yang bisa dimanfaatkan saat menyita alat berat

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge