0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pasar Murah

3550 Paket Sembako Ludes dalam Satu Jam

Warga menyerbu pasar murah (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Ribuan warga menyerbu pasar murah yang digelar Pemkab di halaman Gedung Wanita Karanganyar, Jumat (24/6). Tak sampai satu jam, 3.550 paket Sembako berharga miring ludes terbeli.

“Pasar murah di Karanganyar Kota merupakan putaran terakhir penyelenggaraannya di 17 kecamatan,” kata Kepala Bagian Perekonomian Setda Karanganyar, Timotius Suryadi, Kamis (24/6).

Timotius mengatakan, harga Sembako yang dijual lebih murah dibanding harga pasar. Misalnya gula Rp 12.500, padahal di luar Rp 16 ribu – Rp 17 ribu per kilo dan beras premium Rp 6 ribu saja dari harga normal Rp 11 ribu per kilo.

“Pasar murah ini untuk menekan panic buying di masyarakat agar harga tetap stabil,” katanya.

Pada penyelenggaraan pasar murah di wilayah Karanganyar Kota, Bagian Perekonomian Setda Karanganyar menjual 3.550 kupon sembako yang terdiri dari 1.500 lembar kupon gula pasir, 1.300 lembar kupon beras dan 750 lembar kupon minyak goreng. Selembar kupon gula pasir senilai Rp 25 ribu dapat ditukarkan 2 kilogram jenis Sembako itu dan selembar kupon minyak goreng Rp 9 ribu setara 1 liter Migor. Kemudian 5 kilogram beras kualitas premium dapat dibeli dengan kupon senilai Rp 30 ribu.

Untuk diketahui, program ini menyasar keluarga berpenghasilan rendah asal wilayah Karanganyar Kota. Namun faktanya, banyak warga justru berasal dari luar Kecamatan Karanganyar seperti Colomadu, Jaten dan Kebakkramat. Meski kebanyakan mengaku Sembako murah akan dikonsumsi sendiri, namun ada pula yang memanfaatkan kesempatan itu untuk mereguk keuntungan dengan menjualnya kembali.

“Kalau saya sih buat kebutuhan sehari-hari. Ini sangat membantu orang seperti saya ini. Sebab barang-barangnya di pasar dengan di sini selisih banyak,” kata warga lain bernama Awi Lestari.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge