0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Siswa SMA Cenderung Tak Minati Jurusan IPS

dok.timlo.net/tyo eka
Ketua PPDB Soloo, Aryo Widyandoko (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Calon siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) cenderung tidak berminati memilih jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) saat melakukan pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMA. Umumnya lebih cenderung memilih jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

“Kecenderungan itu seringkali menimbulkan permasalah di sejumlah sekolah yang dianggap favorit, dan menerima peserta didik baru dengan nilai tinggi saat PPDB berlangsung,” ungkap Ketua PPDB 2016 Kota Solo, Aryo Widyandoko kepada wartawan, di ruang kerjanya, Dikpora Solo, Jumat (24/6).

Aryo, panitia PPDB sekolah bersangkutan seringkali mendapat komplain dari orangtua siswa. Jurusan IPA dianggap lebih bergengsi dibanding IPS. Akibatnya banyak jurusan IPS yang berisi siswa  nilai lebih rendah.

Sebenarnya masalah tersebut tidak perlu terjadi, menurut Aryo, jika pihak sekolah telah memahami sistem peminatan terbaik di sekolahnya, karena dalam Permendikbud telah diatur. Tentang peminatan akademik dan diserahkan kepada pihak sekolah.

“Peminatan bisa dilakukan saat pendaftaran atau setelah diterima, diserahkan kepada masing-masing sekolah. Tinggal sekolah bagaiman mengaturnya,” ujarnya.

Aryo mengatakan, sekolah boleh melaksanakan peminatan atau penjurusan bagi peserta didik baru di awal pendaftaran juga dapat dilaksanakan setelah dinyatakan diterima sekolah. Hal itu telah diatur dalam  Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 64 tahun 2014. Namun dalam PPDB 2016, umumnya SMA melaksanakan penjurusan atau peminatan setelah siswa diterima di sekolah tersebut.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge