0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dua Perda dan Satu Perbup Karanganyar Dibatalkan

dok.timlo.net/nanang rahadian
Wabup Karanganyar Rohadi Widodo (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) membatalkan/merevisi dua peraturan daerah (Perda), dan satu peraturan bupati (Perbup) di Kabupaten Karanganyar.

“Ini hanya menyesuaikan dengan peraturan perundangan yang baru. Tanpa dicabut pun beberapa sudah berjalan. Contohnya penyesuaian kewenangan Minerba,” tutur Wakil Bupati Karanganyar Rohadi Widodo, Jumat (24/6).

Seperti diketahui, dua perda yang dibatalkan tersebut yaitu Perda Nomor 05/2011 tentang Pengelolaan Pertambangan Mineral dan Batu Bara (Minerba), dan Perda Nomor 06/2010 tentang Pajak Hiburan.

Sedangkan Perbup yang dibatalkan Perbup Nomor 11/2010 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perda Karanganyar Nomor 12/2009 tentang Izin Lokasi.

Menurut Rohadi, Penyesuaian peraturan juga telah berjalan terkait pergantian izin lokasi ke izin pemanfaatan ruang. Draf Perbup Pemanfaatan Ruang, menurut Wabup, sudah diajukan ke Bupati Karanganyar.

“Perbup tentang Izin Lokasi ini kan sedang proses diganti. Perbup Izin Lokasi berganti menjadi Perbup Izin Pemanfaatan Ruang,” jelas Rohadi.

Perbup Izin Pemanfaatan Ruang mengatur tentang izin lokasi, izin perubahan penggunaan tanah, dan izin pemanfaatan tanah. Sedangkan pembatalan Perda Pajak Hiburan, menurut Wabup, hal itu terkait ketentuan baru tak dikenakannya pajak/retribusi terhadap usaha biliar dan golf.

“Perda lama yang dibatalkan Kemendagri akan diganti perda baru dengan tak memasukkan usaha biliar dan golf sebagai objek pajak,” jelas dia.

Sementara, Ketua Komisi A DPRD Karanganyar, Bagus Selo, mengaku belum mendapat informasi terkait pembatalan dua perda, dan satu perbup dari Karanganyar. Dia meminta eksekutif segera berkoordinasi dengan DPRD untuk menyikapi keputusan Kemendagri itu.

“Kita akan segera tindak lanjuti, karena pembatalan Perda harus melalui DPRD,” kata dia

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge