0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Google Doodle Rayakan Ulang Tahun ke-105 Juan Manuel Fangio

Dok: Timlo.net/ Google.
Juan Manuel Fangios. (Dok: Timlo.net/ Google. )

Timlo.net—Google merayakan hari ulang tahun ke-105 Juan Manuel Fangio. Doodle itu memperlihatkan gambar Juan sedang mengendarai mobil balap. Sementara sketsa wajah pembalap itu dipajang di dalam huruf G dari kata “Google”.

Lahir pada 24 Juni 1911, di Balcarce, dekat Buenos Aires, Argentina saat kecil Juan dijuluki “El Chueco” atau si kaki bengkok karena kemampuannya memanipulasi gravitasi saat bermain sepak bola. Tapi Juan tidak dikenal karena keterampilannya sebagai pemain sepak bola. Tapi kemenangannya dalam balap mobil membuatnya dikenal sebagai “El Maestro” atau sang master. Dia mendominasi Formula One selama 10 tahun, menang selama lima kali. Kegemarannya balap mobil dimulai saat dia berada di militer. Setelah selesai menjalani wajib militer, dia mulai berlatih keras supaya bisa berlomba dengan pebalap lain yang lebih muda.

Pada 1958, Juan Manuel diculik dua anggota pemberontak Fidel Castro saat berada di Kuba untuk balapan. Motif penculikan itu sederhana, mereka ingin menarik perhatian Presiden Kuba, Fulgencio Batista dan dunia terhadap gerakan mereka. Dia dilepaskan setelah diculik selama 29 tahun.

Juan Manuel Fangio meninggal di Buenos Aires pada 1995 di usia 84 tahun karena gagal ginjal dan pneunomia. Dia dikubur di kampung halamannya di Balcarce. Yang menjadi pengusung peti jenazah adalah adiknya Ruben Renato dan para rekannya di dunia balap seperti Jose Froilan Gonzalez dan Carlos Reutemann, Jackie Stewart dan presiden Mercedes-Benz Argentina saat itu.

Sumber: Wikipedia

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge