0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bencana Mengancam, IABI Desak Pemerintah Bentuk Konsorsium

timlo.net/nanang rahadian
Seorang Polwan sedang mengevakuasi anak-anak (timlo.net/nanang rahadian)

Solo – Ikatan Ahli Bencana Indonesia (IABI) mendesak dibentuknya konsorsium kebencanaan nasional untuk mengantisipasi bencana banjir dan longsor. Dua bencana tersebut masih sangat berpotensi terjadi hingga akhir tahun depan akibat fenomena Enso (El Nino Southern Oscilation) yang berurutan dengan musim hujan.

“Konsorsium itu nanti tugasnya membuat sistem peringatan dini bencana hidrometeorologi dengan paradigma Risk Based Warning,” kata Ketua Kelompok Kerja Cuaca Ekstrim, Tri Handoko Seto, Kamis (23/6).

Ia menerangkan sistem peringatan dini harus akurat dan terupdate secara near real time (mendekati waktu nyata). Sistem yang dibangun juga  harus mampu mengakomodasi hingga skala wilayah terkecil.

“Harus bisa spesifik sampai menyebut wilayah tertentu dan skala ancamannya,” kata dia.

Ia mencontohkan peristiwa banjir yang melanda Jawa Tengah Sabtu (19/6) lalu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah berupaya maksimal dengan mengeluarkan peringatan akan adanya potensi bencana. Namun di lapangan, peringatan tersebut sulit diantisipasi lantaran belum bisa spesifik. Skala ancamannya pun belum diketahui.

“Ke depan, peringatan semacam itu harus bisa ditindaklanjuti dengan peringatan dini di berbagai wilayah dan diupdate dari menit ke menit,” tambahnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge