0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

CCTV Rusak, Pantauan Lalu Lintas Lebaran Secara Manual

CCTV di Taman Pancasila Karanganyar (timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Lima unit close circuit television (CCTV) milik Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Karanganyar tidak berfungsi. CCTV yang digunakan untuk pantauan arus lalu lintas tersebut, empat unit rusak dan satu unit sulit diakses.

“Hampir semuanya berkondisi rusak. Akan diselidiki tingkat kerusakannya dulu,” kata Kepala Dishubkominfo Karanganyar, Agus Cipto Waluyo, Kamis (23/6).

Di Taman Pancasila, kamera CCTV yang dipasang di sisi selatan terlihat tak terurus. Besi penopangnya penuh karat dan rawan tertimpa pohon. Dua kamera itu juga tidak terdeteksi di layar ruang kontrol. Kondisi serupa dialami kamera CCTV yang dipasang di persimpangan Papahan, Tasikmadu, dan Sroyo, Jaten.

“CCTV di Palur belum dipasang kembali setelah dibongkar untuk keperluan pembangunan Flyover Palur beberapa waktu lalu,” kata Agus.

Sementara itu CCTV di persimpangan Colomadu relatif masih berfungsi, namun sama saja tidak berguna apabila tak pernah diakses oleh operator Dishubkominfo. Agus tak menyebut bakal membenahi kerusakannya usai petugas memeriksa kondisi CCTV.

“Faktor cuaca dan usia pendek perangkat itu menyulitkan pemeliharaan aset,” jelas Agus.

Lebih lanjut dikatakan Agus, keberadaan CCTV pemantau sangat diperlukan dalam memberi masukan penataan lalu lintas. Lantaran CCTV tak berfungsi, pengaturan di lapangan dilakukan secara manual alias mengandalkan petugas.

“Tujuan awal pemasangan CCTV untuk memantau arus lalu lintas. Sejauh ini masih cukup kondusif,” katanya.

Ditanya pantauan lalu lintas pada puncak arus mudik dan balik lebaran, Dishubkominfo mengandalkan personel Polres Karanganyar dan sukarelawan selain juga mengerahkan petugasnya sendiri.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge