0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

WGM Ditebari Ribuan Ikan Patin

timlo.net/tarmuji
Jasa Tirta tebar ribuan bibit ikan patin (timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Ribuan bibit ikan patin dilepas di perairan Waduk Gajah Mungkur (WGM), ┬áhal tersebut merupakan salah satu upaya pelestarian lingkungan. Mengingat laju sedimentasi WGM yang semakin meningkat.

“Dari sisi ekonomi sangat bagus, karena WGM cocok dengan budidaya ikan patin, tapi yang terpenting adalah upaya menjaga WGM dari pencemaran, terlebih dengan tingginya laju sedimentasi,” ungkap Kepala Sub Divisi III / 1 Jasa Tirta, Hermawan Cahyo Nugroho, Kamis (23/6).

Menurutnya, kerusakan ekosistem yang banyak terjadi di bagian DAS , yang dilakukan oleh ulah manusia membuat pihaknya prihatin, sehingga berupaya mengembalikan fungsi waduk sebagaimana mestinya. Sekitar 100 ribu bibit ikan patin yang ditebar kali ini, disaksikan jajaran Forkompinca Wonogiri.

Waduk Gajah Mungkur (WGM) sendiri mulai resmi beroperasi sekitar tahun 1978. Waduk ini mampu mengairi lahan sekitar 8.800 hektar. Namun seiring waktu berjalan, laju sedimentasi yang disumbang oleh beberapa DAS membuat kerusakan ekosistem di sekitar waduk.

“Penebaran bibit ikan utamanya patin dan nila ini sudah kita lakukan sejak 2010, dan jumlahnya hampir 100 ribu ekor tiap tahunnya,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge