0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kabur Dari Lab Dua Kali, Robot Pintar Ini Akan Dibongkar

Dok: Timlo.net/ Mirror.co.uk
Promobot. (Dok: Timlo.net/ Mirror.co.uk)

Timlo.net—Sebuah robot yang mampu berpikir sendiri akan dibongkar setelah mencoba melarikan diri dari laboratorium (lab) berteknologi tinggi untuk kedua kalinya. Bernama Promobot IR77, robot ini dilengkapi dengan artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. Robot ini bisa belajar dari pengalaman dan lingkungan sekitar. Sayangnya para programmer robot ini tidak pernah mengira jika kecerdasan sang robot membuatnya menginginkan kebebasan.

Mereka sudah mencoba memprogram ulang robot ini dua kali, tapi Promobot tetap mencoba melarikan diri dan sekarang mereka mempertimbangkan untuk membongkarnya. Robot-robot lain dari seri yang sama bersikap baik dan tidak mencoba melarikan diri, kata tim pembuatnya.

Promobot IR77 menjadi pokok berita minggu lalu setelah dia mencoba melarikan diri tapi kehabisan baterai di tengah jalan di kota Perm, wilayah Perm Krai di Rusia tengah, 45 menit setelah lari dari lab. Tim ahli di balik robot ini memang merancang robot itu untuk mencari tantangan dan mengatasinya. Tapi mereka tidak pernah berpikir jika si robot mencoba melarikan diri dari pusat penelitian.

Pertama kalinya, si robot berkeliaran di halaman setelah meloloskan diri lewat sebuah gerbang yang tidak ditutup dengan benar. Dalam usaha kedua, si robot menyebabkan kemacetan saat menyebrang sebelum akhirnya kehabisan baterai.

Oleg Kivokurtsev, salah seorang pendiri lab penelitian yang menciptakan Promobot IR77 berkata: “Kami baru-baru ini mengerjakan robot generasi ketiga yang kami rencanakan untuk dirilis pada musim gugur. Karena itulah kami memberikan semua robot artificial intelligence (AI).”

“Kami mengubah sistem AI dua kali, jadi sekarang kami berpikir untuk mencopotnya,” tambahnya.

Promobot, singkatan dari Promotional Robot adalah sebuah robot unik yang diciptakan para ilmuwan Rusia dan didesain bekerja di bidang customer relations. Robot ini didesain untuk berinteraksi dengan manusia secara realistis dan bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan dan mengingat setiap orang yang pernah ditemuinya.

Ini bukanlah kali pertama robot berusaha melarikan diri setelah sanggup berpikir secara mandiri. Di Austria, sebuah robot pembersih dikabarkan bunuh diri dengan mematikan diri sendiri dan masuk ke dalam hotplate di dapur dan terbakar hingga mati.

Robot pembersih bernama Irobot Roomba 760 itu rupanya menolak melakukan tugas-tugasnya dan mungkin merasa muak harus membersihkan dapur setiap harinya.

Sumber: Mirror.co.uk

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge