0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hormon Cinta, Kunci Hubungan Sosial yang Sehat

Dok: Timlo.net/ CNN.
Hubungan sosial. (Dok: Timlo.net/ CNN.)

Timlo.net—Aktivitas gen tertentu yang rendah mungkin mempengaruhi perilaku sosial seseorang termasuk kemampuan menciptakan hubungan yang sehat, kata para peneliti.

Gen itu adalah gen OXT yang terlibat dalam produksi oksitosin, sebuah hormon yang dihubungkan dengan perilaku sosial dalam diri seseorang. Hormon ini kadang-kadang disebut sebagai hormon cinta.

Tim peneliti dari University of Georgia menguji lebih dari 120 orang, melakukan tes genetis dan menguji keterampilan sosial, struktur dan fungsi otak. Para peneliti menemukan jika mereka yang memiliki gen OXT rendah memiliki kesulitan untuk mengenali ekspresi emosional dalam wajah orang lain. Mereka juga cenderung lebih gelisah terkait hubungan mereka dengan orang yang mereka cintai.

Orang-orang dengan OXT yang rendah memiliki aktivitas otak yang rendah di bagian yang terhubung dengan pikiran sosial. Dan bagian otak yang mengenali pikiran sosial dan ekspresi wajah orang juga lebih rendah.

“Semua tes kami mengindikasikan jika gen OXT memegang peranan penting dalam hubungan sosial dan fungsi otak,” kata pemimpin penelitian Brian Haas, seorang asisten profesor psikologi dalam rilis pers.

Penelitian ini termasuk penelitian pertama di bidang ini dan diharapkan ada penelitian lebih lanjut yang bisa dipakai untuk menciptakan perawatan baru dan lebih baik terhadap sejumlah gangguan sosial, kata Haas.

Penelitian ini diterbitkan di jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences pada 20 Juni.

Sumber: US News.

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge