0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Piala Eropa

Kalahkan Italia, Republik Irlandia Tantang Prancis di 16 Besar

dok.timlo.net/gg
Timnas Republik Irlandia kalahkan Italia di Piala Eropa (dok.timlo.net/gg)

Timlo.net — Republik Irlandia menjadi wakil ketiga dari Grup E yang melaju ke babak 16 besar Piala Eropa 2016. Irlandia lolos di posisi ketiga terbaik dengan nilai 4 usai mengalahkan Italia 1-0 pada partai terakhir di Stade Pierre-Mauroy, Lille Metropole, Kamis (23/6) dinihari.

Gli Azzurri yang sudah pasti jadi juara Grup E, membuat pelatih Antonio Conte merombak susunan pemain timnya. Tak ada nama Gianluigi Buffon, Giorgio Chiellini, Daniele De Rossi, Marco Parolo, Emanuele Giaccherini, Eder, dan Graziano Pelle dalam starting XI Italia.

Sebagai gantinya, Salvatore Sirigu, Angelo Ogbonna, Thiago Motta, Stefano Sturaro, Federico Bernardeschi, Simone Zaza, dan Ciro Immobile tampil sejak menit pertama. Di kubu Irlandia, Martin O’Neill juga melakukan sejumlah perubahan. Dia tak memasang John O’Shea, Ciaran Clark, Glenn Whelan, dan Wes Hoolahan sebagai starter. Richard Keogh, Shane Duffy, James McClean, dan Daryl Murphy pun masuk starting line-up.

Irlandia sangat bernafsu untuk meraih kemenangan. Sejak awal, anak asuh Martin O’Neil ini bermain kesetanan dengan melakukan penetrasi yang lebih dibandingkan Italia. Sementara Italia memilih bermain ala catenaccio dan serangan balik.

rlandia mengancam gawang Italia pada menit ke-21. Sundulan Murphy meneruskan sebuah sepak pojok memaksa Sirigu melakukan penyelamatan. Sementara tembakan jarak jauh Immobile pada menit ke-43 menjadi percobaan pertama Italia. Namun, tembakan Immobile masih sedikit melenceng.

talia punya peluang untuk memimpin pada menit ke-53. Zaza menyambar umpan silang Mattia De Sciglio dari sisi kiri, tapi arah bola masih sedikit melambung. Irlandia mencoba untuk menambah daya gedor di babak kedua. Mereka menarik keluar Murphy dan memasukkan Aiden McGeady.

Sementara itu, Italia memasukkan Lorenzo Insigne untuk menggantikan Immobile. Tak lama setelah masuk lapangan, Insigne nyaris bikin gol. Sial buat dia, tembakannya dari luar kotak penalti menghantam tiang gawang.

Tak berselang lama, giliran Italia yang mendapatkan kesempatan melalui Stephan El Shaarawy. Akan tetapi, tembakan El Shaarawy bisa ditangkap oleh kiper Irlandia, Darren Randolph. Kebuntuan bagi Irlandia pecah pada menit ke-85 setelah Brady menjebol gawang Italia. Brady menanduk umpan silang Hoolahan dari sisi kanan untuk menaklukkan Sirigu.

Di sisa waktu pertanding, Italia tak mampu menyamakan kedudukan. Upaya dari anak asuh Conte terbentur pada rapatnya barisan pertahanan Irlandia. Gol Brady tersebut tak bisa dibalas Italia di sisa waktu. Irlandia pun menang 1-0 untuk merebut tiket babak 16 besar. Irlandia akan berjumpa Prancis sementara Italia menantang Spanyol.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge