0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Piala Eropa, Belgia Pulangkan Swedia

dok.timlo.net/gg
Pemain Belgia, Radja Nainggolan (dok.timlo.net/gg)

Timlo.net — Timnas Belgia memastikan tiket ke babak 16 besar Piala Eropa sebagai runner-up grup E. Pada partai terakhir, Kamis (23/6) dinihari, anak asuh Marc Wilmots menang 1-0 atas Swedia di Stade de Nice.

Swedia yang sangat memburu kemenangan, bermain ofensif sejak awal pertandingan. Peluang bersih pertama di pertandingan ini diciptakan oleh Swedia di menit keempat. Peluang didapat Marcus Berg yang berada tepat di depan gawang. Tapi Thibaut Courtois bisa membendungnya.

Belgia membalas di menit keenam ketika Romelu Lukaku menggiring bola di sisi kanan pertahanan Swedia dan begitu memasuki area penalti, bola disepak tapi melebar di sisi kiri gawang. Semenit jelang turun minum, Belgia nyaris mencetak gol andaikan tandukan Thomas Meunier meneruskan crossing De Bruyne tak ditepis Andreas Isaksson.

Tiga puluh menit terakhir, Belgia mulai panas untuk memburu gol ke gawang Swedia. Di menit ke-72, sebuah umpan terobosan dari lini belakang mampu menggapai Lukaku yang berlari menuju kotak penalti Swedia. Sambil dikawal pemain lawan, Lukaku sempat mencocor bola dengan kaki kirinya tapi diadang kiper Isaksson.

Kebuntuan akhirnya pecah ketika laga memasuki menit ke-84. Mendapat bola liar di depan kotak penalti, Radja Nainggolan melepaskan sepakan keras yang sempat membentur badan Martin Olsson sebelum bersarang telak di pojok kanan gawang Isaksson.

Pemain pengganti, Christian Benteke, nyaris menjebol gawang Swedia di menit ke-89 andaikan tembakannya dari jarak dekat tak ditepis Isaksson. Kedudukan 1-0 untuk Belgia bertahan hingga wasit meniup peluit panjang. Swedia pun tersingkir dari Piala Eropa hanya dengan nilai satu.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge