0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bersejarah, Islandia Tembus 16 Besar Piala Eropa

Timnas Islandia (dok.timlo.net/gg)

Timlo.net — Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Timnas Islandia melaju ke babak 16 besar Piala Eropa 2016. Adalah kemenangan 2-1 atas Austria pada partai pamungkas Grup F di Stade de France, Rabu (22/6) malam.

Islandia membuka keunggulan ketika pertandingan memasuki menit ke-18. Dari skema sepak pojok, bola yang dibelokkan oleh Arnason jatuh ke kaki Jon Dadi Bodvarsson. Tanpa kesulitan Bodvarsson melepaskan tembakan mendatar ke arah tiang jauh.

Usai kebobolan, Austria mulai mendominasi laga. Mereka terus menekan untuk mencari gol penyeimbang. Beberapa peluang lantas didapat oleh Arnautovic, namun belum menghasilkan gol.

Austria mendapat peluang emas untuk menyamakan skor di menit ke-36 usai mendapat hadiah penalti. Wasit menunjuk titik putih setelah Skulason dianggap menjatuhkan David Alaba di kotak terlarang. Sayang, eksekusi  Aleksandar Dragovic mengenai tiang gawang.

Serangan Austria akhirnya membuahkan hasil di menit ke-60. Alessandro Schopf melakukan penetrasi hingga ke kotak penalti melewati beberapa pemain Islandia sebelum melepaskan tembakan mendatar dengan kaki kiri ke arah tiang jauh. Skor berubah menjadi 1-1.

Islandia langsung merespons lima menit kemudian dan nyaris kembali unggul. Bjarnason melakukan tusukan dari sisi kiri dan mengirim bola kepada Bodvarsson yang kemudian mengoper kepada Sigurdsson. Gelandang Swansea itu dalam posisi bagus untuk menaklukkan Almer di tiang dekat, tapi kiper Austria itu bisa menggagalkan tembakan Sigurdsson.

Peluang kembali didapat Austria di menit ke-69. Sabitzer mengirim umpan dari sisi kanan, namun sepakan Marc Janko masih menyamping tipis dari gawang. Momentum bersejarah bagi Islandia di penghujung pertandingan.

Di penghujung masa injury time, Islandia mencetak gol kemenangannya. Dari serangan balik, Bjarnason merangsek dari sisi kanan sebelum melakukan tusukan. Dia kemudian mengoper kepada Traustason yang menaklukkan Almer untuk membawa Islandia unggul 2-1.

Kemenangan ini membuat Islandia finish sebagai runner-up Grup F dengan lima poin, kalah selisih gol dari Hongaria yang jadi juara grup. Islandia selanjutnya akan menghadapi Inggris yang merupakan runner-up Grup B. Sementara itu, Austria dipastikan tersingkir.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge