0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Cerita Mistis di Balik Harta Karun Candi Sirih

timlo.net/putra kurniawan
candi sirih (timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Candi Sirih di Desa Karanganyar, Kecamatan Weru dipercaya warga banyak menyimpan harta karun di dalamnya. Namun selama ini tidak ada yang berani mengambilnya karena cerita mistis yang sering dikatakan warga setempat.

“Ceritanya jaman dahulu di dalam candi ini banyak sekali harta karunnya, seperti emas dan berlian, namun tidak ada yang berani mengambilnya. Dulu saya membawa burung puyuh sampai di rumah berubah menajdi katak berukuran sangat besar,” kata salah satu warga yang biasa merawat candi, Sontorejo, Rabu (22/6).

Dahulu candi yang terletak di Duun Kersan RT 02/8 ini sering dijadikan tempat orang untuk bersemedi atau sekedar menenangkan diri. Namun saat menepi di kawasan candi ini sering bermimpi dikerumini semut dengan jumlah yang sangat banyak.

Cerita-cerita mistis yang tersebar dari mulut ke mulut ini menjadikan Candi Sirih tidak lagi didatangi orang yang ingin bersemedi ataupun bertapa. Sehingga kondisi candi tidak terawat dengan baik dan dipenuhi tumbuhan rumput liar.

“Selama ini hanya saya yang merawatnya, dan tidak ada yang membantu, dulu pada awal-awal saya ingin merawat candi ini tubuh seperti terbakar dan banyak luka bakar. Tapi lama-kelamaan karena niat saya baik sudah biasa saja,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge