0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dewan : Setoran Sunday Market Manahan Harus Dirasionalisasi

Sunday Market Manahan (dok.timlo.net/ichsan rosyid)

Solo – Komisi III DPRD Kota Solo mendesak supaya UPTD Sarana dan Prasarana Olahraga Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Solo merasionalisasi besaran target setoran retribusi setelah terjadi pertemuan antara Pemkot Solo dengan Paguyuban Pedagang Kaki Lima (PKL) Sunday Market beberapa waktu lalu. Terlebih, saat ini pihak UPTD telah melakukan penarikan secara mandiri tanpa melibatkan pihak ketiga yakni paguyuban PKL.

“Nilai setoran harusnya lebih tinggi dibandingkan sebelumnya,” terang anggota Komisi III DPRD Kota Surakarta, Suharsono, Rabu (22/6).

Berdasarkan data yang dia miliki, saat ini terdapat 1.900 pedagang yang beraktifitas dalam kegiatan Sunday Market Manahan. Sedangkan, berdasarkan informasi terakhir menyebutkan bahwa pihak UPTD telah merasionalisasi capaian retribusi mencapai Rp 5 Juta. Hanya saja, nilai tersebut dianggap masih jauh dari potensi yang ada.

“Harusnya lebih dari itu,” kata Suharsono.

Ia menegaskan, supaya Inspektorat turun tangan mendampingi penarikan. Dengan hasil laporan pendampingan yang dilakukan oleh pihak inspektorat tersebut, dapat dijadikan patokan terkait target retribusi.

“Target harus jelas, dalam perubahan nanti akan diluruskan,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, besaran setoran pihak UPTD ke Pemkot Solo dalam tiap gelaran Sunday Market Manahan sebesar Rp 3 Juta. Setelah mencuatnya kasus tersebut, penarikan retribusi akhirnya ditangani langsung oleh pihak UPTD. Dalam penarikan secara langsung tersebut, PAD yang disetorkan langsung ke kas daerah meningkat meski tak signifikan sebesar Rp 5 Juta.

Padahal, kalangan legislatif menilai besaran PAD yang dihasilkan dalam tiap gelaran Sunday Market Manahan dapat mencapai Rp 15 Juta lebih dengan asumsi jumlah 1900 pedagang Sunday Market dikalikan tarikan sewa lahan minimal sebesar Rp 10.000 yang mencapai Rp 19 juta.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge