0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Diajak Main Ketoprak, Kopral Bagyo Jadi Berandal

Pentas Ketoprak Seniman Muda Surakarta (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Ketoprak Seniman Muda Surakarta (KSMS) kembali pentas di Gedung Kesenian Taman Balekambang, Solo, Sabtu (25/6) mendatang. Kali ini menyajikan lakon “Brandal Lokajaya Sunan Kalijaga”.

“Kami  ingin menyuguhkan kisah yang berlatar belakang Walisongo, yang sudah sangat populer di tanah Jawa. Sunan Kalijaga salah satu dari sembilan wali yang melagenda, karena menyebarkan agama Islam menggunakan  pendekatan seni dan budaya “ ungkap Humas KSMS, Suharno kepada wartawan, di ruang humas Universitas Slamet Riyadi, Solo, Rabu (22/6).

Sementara itu, Koordinator KSMS, Tatak Prihantoro menjelaskan, khusus di bulan Ramadan, guna menghormati yang menunaikan ibadah puasa, pentas akan dimulai sehabis sholat tarawih, pukul 20.30 WIB, mengangkat lakon“ Brandal Lokajaya Sunan Kalijaga,“ disutradarai pemain senior KSMS, Eko Sutarno.

Menurut Tatak, pemilihan lakon disesuaikan dengan nuasa bulan suci Ramadan. Sehingga memang sengaja dipilih lakon berlatar belakang penyebaran agama Islam di Pulau Jawa.

Pada kesempatan itu, sutradara Eko Sutarno menjelaskan, pentas kali ini mendatangkan bintang tamu, Kopral Subagyo, yang akan mendapatkan peran sebagai Brandal Lokajaya. Kopral Bagyo, salah satu anggota Polisi Militer yang sangat populer, karena sering melakukan atraksi-aktraksi ekstrem.

“Pemilihan peran ini sudah kami pertimbangkan matang-matang, disesuaikan postur dan karakter Pak Kopral Bagyo. Tidak hanya Pak Kopral, bintang tamu yang lain adalah Wakil Dekan FKIP Unisri  Drs Kusdiyanto MPd “ paparnya.

Eko Sutarno berharap masyarakat pecinta ketoprak bisa hadir menyaksikan pentas yang sangat langka ini. Eko berjanji akan menyuguhkan kisah yang tidak sekadar tontonan, namun juga sebagai tuntunan.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge