0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Warga Terdampak Banjir Terserang Gatal dan Batuk

dok.timlo.net/nanang rahadian
Warga mulai membersihkan lingkungan bekas banjir (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Sejumlah warga Dusun Banaran RT 7/RW 6 Desa Ngringo, Kecamatan Jaten, Karanganyar mulai terserang penyakit paska banjir yang merendam pemukiman mereka, Minggu (19/6) lalu. Warga dari kalangan anak dan orang tua lanjut usia paling banyak terkena penyakit.

”Sejak kembali ke rumah ada yang mengeluh gatal-gatal dan sakit pusing. Hari ini banyak yang berobat ke klinik kesehatan,” kata Ketua RT setempat, Budi Hari Susanto, Rabu (22/6).

Ditambahkan, warga juga berharap ada solusi terbaik agar tidak kembali terkena banjir. Pasalnya, warga setempat mayoritas dari keluarga kurang mampu. Kampung tersebut diisi warga pindahan Kentingan Baru, Jebres, Solo yang tanahnya sengketa beberapa tahun lalu.

”Warga siap direlokasi, atau taludnya ditinggikan sampai utara supaya airnya tidak bisa masuk,” katanya.

Sementara itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Karanganyar masih menyiapkan posko penanganan penyakit di lokasi yang terkena banjir.

Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinkes Karanganyar Fatkhul Munir mengatakan, pihaknya telah mengantisipasi lima penyakit yang umumnya merebak pascabanjir. Yakni penyakit kulit, diare, demam berdarah, inspeksi saluran pernapasan akut (ISPA) dan leptospirosis.

”Selain memusatkan pengobatan di puskesmas, bantuan pengobatan juga mengalir ke masing-masing keluarga korban banjir. Umumnya paska banjir terserang penyakit kulit seperti gatal-gatal,” terang Munir.

Sedangkan antisipasi jangka panjang, Dinkes meminta warga benar-benar menjaga kesehatan diri dan lingkungan. Penyakit yang mungkin muncul seperti leptospirosis dan DBD.

”Di setiap puskesmas sudah didrop paket berisi antiseptik dan obat pereda gangguan pernapasan untuk penanganan jangka waktu dekat maupun obat DBD,” terangnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge