0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hati-Hati Dengan Jebakan Fitur Video Call WhatsApp

Dok: Timlo.net/ Softpedia.
Penipuan menawarkan fitur video call WhatsApp. (Dok: Timlo.net/ Softpedia. )

Timlo.net—Sebuah penipuan baru-baru ini muncul dengan tujuan untuk mengumpulkan nomor kontak pengguna di WhatsApp. Cara yang digunakan adalah dengan menawarkan penginstalan fitur video call yang selama ini ditunggu oleh para pengguna layanan itu.

WhatsApp sendiri memiliki kurang lebih 800 juta pengguna, kata CEO perusahaan itu Jan Koum pada April 2016. Jumlah pengguna sebanyak itu menarik perhatian para penjahat cyber. Oleh karena itu banyak spam dan penipuan yang ditujukan kepada pengguna WhatsApp seiring bertambah populernya layanan itu. Penipuan terbaru yang ada memanfaatkan antuasias pengguna terhadap fitur video call.

Para penjahat cyber mengirim pesan yang mengaku jika fitur baru ini bisa diaktifkan dengan mengunjungi sebuah situs khusus (whatsappcalling[.]co). Halaman palsu ini berisi petunjuk sederhana dan jelas tentang bagaimana mengaktifkan fitur itu. Untuk membuat penipuan lebih menyakinkan, para penjahat itu memasukkan pesan palsu dari para pengguna yang sudah mencoba layanan baru itu, mengatakan jika fitur itu lebih baik dari yang dimiliki Skype.

Akan tetapi, tujuan akhir dari para penipu adalah mengumpulkan nomor kontak WhatsApp dari para pengguna. Mungkin mereka ingin mengumpulkan database untuk kemudian mentarget daftar nomor dengan kampanye penipuan lainnya.

Setelah mengikuti petunjuk di halaman itu, pengguna akan disuguhi proses verifikasi palsu untuk meningkatkan kepercayaan pengguna. Salah satu proses verifikasi palsu itu diantaranya meminta pengguna mengundang 10 teman atau 3 grup WhatsApp. Jika aplikasi itu diinstal, halaman lain muncul dengan contoh teks yang bisa digunakan untuk mengundang teman untuk mencoba fitur ini. Dalam beberapa kasus, pengguna diarahkan ke sebuah survei online lokal untuk memperoleh kode aktivasi setelah survei dijawab.

Fitur video calling itu diharapkan akan tersedia bulan ini dan dibicarakan di berbagai situs. Tapi hingga fitur itu dirilis, para pengguna diminta untuk waspada dan jangan mudah percaya dengan tawaran-tawaran serupa dari pihak tidak dikenal.

Sumber: Softpedia

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge