0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mendikbud Kagumi Koleksi Lokananta

Mendikbud Anies Baswedan kunjungi Lokananta (dok.timlo.net/ichsan rpsyid)

Solo — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbur) Anies Baswedan terkesan dengan koleksi benda-benda milik perusahaan rekaman Lokananta. Selama kunjungannya di studio rekaman tertua di Indonesia, Selasa (21/6), Anies dengan antusias melihat-lihat koleksi peralatan dan rekaman yang ada.

“Ini lihat. Ini souvenir Asian Games 1962 di Jakarta ternyata dibuat di sini,” kata Mendikbud Anies Baswedan sambil menunjukkan piringan hitam berisi lagu-lagu daerah kepada wartawan.

Tanpa sadar, kepalanya turut mengangguk-angguk mengikuti irama lagu Rasa Sayange. Selain mendengar lagu tersebut, Anies juga sempat mendengarkan rekaman suara Presiden Soekarno pada saat membaca naskah proklamasi dan pidato pembukaan Institut Teknologi Bandung.

Setelah mendengarkan beberapa rekaman, Anies dipandu sejumlah karyawan Lokananta menuju ruang produksi. Di ruangan itulah penggandaan cakram padat (CD) dan kaset di Lokananta dilakukan. Dari situ, rombongan langsung ke ruang koleksi yang menyimpan ribuan piriingan hitam yang pernah diproduksi di Lokananta. Setelah melihat-lihat sebentar, rombongan kemudian melanjutkan ke ruangan yang menyimpan gamelan Sri Kuncoro Mulyo yang dibuat pada tahun 1929.

“Luar biasa. Ini dibuat di zaman Pangeran Diponegero dan masih terawat sampai sekarang,” kata dia.

Anies juga menyampaikan apresiasinya terhadap 18 orang karyawan Lokananta yang menurutnya dengan sangat baik merawat benda-benda milik Lokananta meski sudah berumur. Ia menilai hal itu tidak gampang karena membutuhkan ketekunan dan ketelitian.

Di akhir kunjungannya, ia melihat ruang rekaman Lokananta. Di dalam ruangan tersebut, terdapat mixer 32 channel yang menjadi andalan studio rekaman Lokananta. Konon, mixer tersebut setara dengan mixer yang dipakai di studio kenamaan di Inggris, Abbey Road.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge