0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Isu Beredar, Budi Gunawan Akan Dijadikan Kepala BIN

Wakapolri Komjen Budi Gunawan (BG) (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Komjen Budi Gunawan diisukan menjadi Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) menggantikan Sutiyoso. Dikabarkan bintang di pundak Wakapolri itu akan bertambah menjadi empat.

“Budi Gunawan masuk ke BIN untuk menggantikan Sutiyoso,” kata Ketua Presidium IPW, Neta S Pane, Selasa (21/6).

Menurut Neta, posisi Wakapolri nantinya akan diisi Kalemdikpol Komjen Syafruddin. Syafruddin akan mendampingi Komjen Tito Karnavian memimpin Polri.

“Proses mutasi juga terjadi untuk beberapa jabatan strategis di Mabes Polri maupun jabatan sejumlah Kapolda,” ujar Neta.

Neta menambahkan, mutasi ini dilakukan sebagai dukungan internal Polri maupun dukungan para jenderal senior terhadap kinerja Tito Karnavian ke depan. Mengingat Kepala BNPT itu terpilih menjadi Kapolri dengan melompati empat angkatan.

“Sedikitnya ada 100 jenderal yang dilangkahi Tito. Selain itu menjelang Hari Bhayangkara hingga akhir 2016 ada sejumlah jenderal Polri yang memasuki masa pensiun,” tukas Neta.

Diketahui, nama Wakapolri Komjen Budi Gunawan sempat santer terdengar bakal menggantikan Badrodin sebagai Tribatra 1. Budi Gunawan menjadi jenderal polisi bintang tiga senior di Polri dan masa pensiunnya kurang dari dua tahun lagi.

Di lain hal, partai politik di DPR juga seolah satu suara mendukung jika Budi Gunawan kembali dicalonkan menjadi Kapolri. PDIP salah satu partai yang paling ngotot, wajar karena Budi memang dikenal dekat dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Namun, pemegang hak prerogatif penunjukan Kapolri di tangan Presiden. Presiden Joko Widodo (Jokowi) lebih memilih Tito Karnavian menjadi orang nomor satu di Polri.

[gil]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge