0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Awal Juli, Ribuan Pemudik Tiba di Terminal Tirtonadi

dok.timlo.net/red
Motor pemudik diangkut truk (dok.timlo.net/red)

Solo — Sebanyak 1.652 peserta mudik gratis dari kawasan Jawa Barat akan memasuki Terminal Tirtonadi pada tanggal 2 Juli mendatang. Sehari sebelumnya, kendaraan roda dua para pemudik telah memasuki terminal dengan dibawa menggunakan truk barang.

“Total pemudik gratis yang dilaksanakan oleh Kementerian Perhubungan ada sekitar 1652 pemudik dengan kendaraan mencapai 800-an unit,” terang Kepala UPTD Terminal Tirtonadi, Eko Agus Susanto, Selasa (21/6).

Jumlah peserta mudik gratis tahun ini, kata Eko, mengalami peningkatan dari tahun kemarin. Tahun kemarin tercatat sekitar 1200-an peserta mudik gratis. Dengan angka tersebut, resiko kecelakaan di jalan raya yang kerap didominasi pengendara kendaraan roda dua dapat ditekan.

“Tahun ini mengalami peningkatan sekitar 400-an pemudik. Ke depan, program mudik gratis akan ditingkatkan untuk menekan angka kecelakaan sekaligus mengurangi beban kemacetan di jalan raya,”  ujarnya.

Meski begitu, lanjut Eko, jumlah pemudik yang datang tak sebanding dengan jumlah pemudik yang kembali. Para pemudik, lebih memilih untuk mengendarai kendaraan mereka saat arus balik mendatang. Faktor inilah, yang saat ini masih menjadi pembahasan di pemerintah pusat supaya menjadi solusi mengantisipasi kemacetan dan kecelakaan di jalan raya.

“Tahun lalu juga seperti itu, malah nggak ada setengahnya yang balik ke sana. Maka dari itu, pemerintah pusat masih berkoordinasi lintas sektor supaya pemudik ini aman, nyaman dan selamat sampai tujuan. Bukan dengan cara mengendarai motor,” jelas Eko.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge