0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ternyata Apple Bukanlah Perusahaan Pertama yang Menjual iPhone

Dok: Timlo.net/ Phone Arena.
InfoGear iPhone. (Dok: Timlo.net/ Phone Arena.)

Timlo.net—Apple menemukan nama-nama seperti iPod dan iMac, dan tentunya menjual dua perangkat ini untuk pertama kali. Selain itu, Apple juga menjual iPhone sejak 2007 yang laris terjual. Tapi rupanya Apple bukanlah perusahaan pertama yang menjual iPhone.

Ternyata perangkat pertama yang disebut iPhone dirilis pada 1998 oleh perusahaan yang berasal dari California disebut InfoGear. Perangkat ini dipasarkan sebagai “Internet Touchscreen Telephone”. Tentunya perangkat itu bukanlah smartphone seperti sekarang ini. InfoGear iPhone adalah sebuah telepon nirkabel yang memiliki layar touchscreen resistif hitam dan putih (640×480 piksel, dengan stylus), keyboard QWERTY slide-out, akses internet dan email dan memori RAM 2MB. Telepon ini dijual sekitar $500 dan untuk akses internet, pengguna harus membayar biaya tambahan per bulan.

Setelah memperkenalkan model dengan desain baru pada 1999, InfoGear berhenti membuat iPhone. Pada awal 2000-an perusahaan itu dibeli oleh Cisco Systems. Nama dan merk dagang iPhone lalu berpindah kepemilikan. Mulai 2006, Cisco menggunakan nama telepon VoIP disebut Linksys iPhone.

Di awal 2007, Steve Jobs dalam konvensi MacWorld mengumumkan iPhone pertama Apple. Cisco lantas menuntut Apple untuk pelanggaran merk dagang. Akan tetapi, perseteruan hukum ini diselesaikan sebelum iPhone dirilis di pasar (Juni 2007). Walaupun tidak ada informasi kesepakatan finansial yang mereka capai, Apple dan Cisco setuju jika mereka berdua memiliki hak menggunakan nama iPhone. Akan tetapi hingga sekarang Cisco belum memproduksi telepon dengan nama iPhone.

Sumber: Phone Arena.

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge