0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Lagi, Makanan Tak Layak Konsumsi Ditemukan

Razia makanan dan minuman (timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Tim Gabungan Pemkab Karanganyar kembali menemukan makanan tak layak konsumsi, saat menggelar razia di sejumlah toko modern. Sejumlah makanan kadaluwarsa dan berjamur ditemukan dalam razia tersebut.

“Kita temukan juga beberapa makanan tanpa ada tanggal kadaluwarsanya,” kata Kasi Perlindungan Konsumen Disperindagkop UMKM Wiji Suparmanto, Senin (20/6).

Tim beranggotakan personel Satreskrim Polres Karanganyar, Satpol PP, Disperindagkop UMKM dan Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) menyisir rak-rak makanan dan minuman, untuk meneliti tanggal kedaluwarsa dan keutuhan kemasan.

Sejumlah roti basah yang kondisinya sudah berjamur ditemukan tim gabungan dari beberapa toko modern. Tim juga menemukan beberapa produk kemasan yang tidak mencantumkan tanggal kedaluwarsa.

Tim juga mengambil beberapa sampel makanan dan minuman yang dicurigai kandungan bahannya, untuk diteliti lebih lanjut.

Suparmanto mewanti-wanti agar warga berhati-hati jika membeli produk makanan atau minuman dalam kemasan. Harus ada kejelasan kapan diproduksi dan kapan kedaluwarsanya.

“Ini bisa merugikan konsumen, jika ternyata produk makanan atau minuman itu sudah tidak layak konsumsi,” katanya.

Sementara itu, Kasatreskrim AKP Rohmat Ashari mengatakan, peredaran makanan dan minuman tak layak konsumsi harus diantisipasi, karena tingkat konsumsi masyarakat menjelang Lebaran cenderung naik.

“Razia ini dalam rangka penegakan UU Perlindungan Konsumen, agar masyarakat tidak dirugikan,” tuturnya.

Fungsional Penyehatan Makanan DKK Sri Marindah Yani menambahkan, makanan atau minuman yang sudah kedaluwarsa tidak seharusnya dikonsumsi, karena komposisinya sudah berubah.

“Produk yang kedaluwarsa sudah mengandung bakteri atau jamur, yang bisa membuat pengonsumsinya keracunan. Mestinya distributor menarik produk tersebut sebelum masa kedaluwarsanya berakhir,” imbuhnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge