0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Terminal Tirtonadi kembali Sediakan Posko Copet

Posko Copet di Terminal TRirtonadi (dok.merdeka.com)

Solo – Pengelola Terminal Tirtonadi Solo akan kembali mendirikan ‘posko copet’ saat musim Lebaran nanti. Pendirian ‘posko copet’ yang digagas tiga tahun silam ini ternyata ampuh mencegah bentuk kejahatan khususnya pencurian dan pencopetan.

“Dari data yang kami miliki. Ternyata ide yang digagas Pak Wali (Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo —Red) itu ampuh menekan tindak kejahatan di kawasan terminal saat Lebaran,” terang Kepala UPTD Terminal Tirtonadi, Eko Agus Susanto, Senin (20/6).

Tak berbeda seperti tahun lalu, kata Eko, ‘posko copet’ bertujuan sebagai sindiran krusial bagi pelaku kejahatan yang beraksi dikawasan Terminal Tirtonadi. Rencananya, ‘posko copet’ akan didirikan dengan menggunakan sebuah tenda dengan fasilitas standar seperti televisi, bed, air ineral dan tak ketinggalan sejumlah dokumentasi terkait pelaku kejahatan yang tertangkap saat menjalankan aksinya.

“Upaya ini juga sebagai shock therapy bagi mereka yang  masih nekat. Jika masih ada pelaku yang nekat dan tertangkap tangan, nanti kita akan letakkan di posko copet sekaligus ditunjukkan dokumentasi copet yang tertangkap,” jelas Eko.

Disinggung terkait data kejahatan yang terjadi beberapa tahun ini, Eko mengaku, sebelum didirikan ‘posko copet’ hampir terdapat belasan pemudik yang melaporkan kehilangan uang dan barang mereka. Namun, dengan didirikannya posko itu sedikit demi sedikit dapat mengurangi tindakan kejahatan yang terjadi saat mudik lebaran.

“Tahun kemarin cuma ada satu kasus. Sebelumnya bisa belasan kasus pencurian atu kecopetan. Harapannya, tahun ini sama sekali tidak ada,” jelas Eko.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge