0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Menengok Kegiatan Ramadan Student Camp 2016

Kegiatan Ramadhan Student Camp 2016 (dok.timlo.net/agung widodo)

Sragen — Banyak kegiatan keagamaan yang bisa dilakukan oleh sebagian besar masyarakat di bulan Ramadan yang penuh berkah ini. Seakan tidak mau ketinggalan, para pelajar di Sragen juga mempunyai kegiatan dan cara tersendiri untuk memeriahkan Ramadan dengan kegiatann yang positif.

Salah satunya adalah kegiatan Ramadan Student Camp (RSC) yang diprakarsai Lembaga Pembinaan Pelajar Iqro’ Club Sragen. RSC digelar secara rutin setiap bulan Ramadhan.

Khusus Ramadan tahun ini dilaksanakan di komplek Masjid Hamzah SDIT Az Zahra Sragen, Sabtu hingga Minggu (18-19/6). Acara yang diikuti puluhan pelajar tingkat SMA/SMK ini mengambil tema “Pelajar Sadar Media Perindu Surga”.

RSC ini sebenarnya tidak jauh beda dengan pesantren kilat pada umumnya. Namun dalam pelaksanaannya dikemas dengan kegiatan yang berbeda. Di antaranya Kajian Fikih Kontemporer dan Training Optimalisasi Media Sosial.

“Tujuan kami adalah untuk memberikan pembinaan bagi pelajar Sragen dalam bentuk pemahaman keagamaan. Selain itu juga kami berikan materi terkait peningkatan skill pelajar,” kata Ketua Umum Iqro’ Club Sragen, Nur Ikhwan Muttaqin.

Selain itu, RSC tahun ini juga menggelar beberapa kegiatan untuk meningkatkan bakat dan kreatifitas pelajar Sragen yang dikemas dalam lomba antar sekolah. Di antaranya adalah lomba hafalan Alquran, stand up comedy, lomba membuat dan membaca puisi serta lomba dai pelajar.

Nur Ikhwan menyampaikan, pihaknya mendatangkan pembicara profesional untuk memberikan materi sekaligus juri dalam berbagai lomba tersebut. Seperti Ustazah Inayah, yang mengkaji tentang media sosial dalam pandangan Islam dan Rudy Wahyono yang memberikan materi tentang tarining optimalisasi media sosial.

“Kegiatan ini sebenarnya juga bisa dijadikan sebagai sarana menjalin komunikasi antar pelajar Islam di Sragen. Sarana ngumpul-ngumpul,” jelasnya.

Dari hasil lomba yang digelar, perwakilan SMK Negeri 1 Kedawung berhasil memenangkan lomba stand up comedy, lomba membuat dan membaca puisi dimenangkan perwakilan MA Negeri 1 Sragen dan lomba dai pelajar dimenangkan oleh SMK Mondokan.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge