0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jadi Langganan Banjir, Warga Daleman bakal Direlokasi?

Banjir di wilayah Karanganyar (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar‪ – Banjir langganan di Kampung Daleman, Dusun Banaran Ngringo, Jaten, Karanganyar bakal diatasi dengan dua alternatif. Yakni menanggul Sungai Bengawan Solo atau merelokasi sekitar 70-an warga yang ada di dusun tersebut.

‘’Kita akan bicarakan lagi bersama instansi terkait karena menyangkut banyak pihak,” kata Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Minggu (19/6).

Menurut Gubernur, kalau membuat tanggul lanjutan, sebetulnya tinggal 200 meter lagi di sisi timur yang menyebabkan warga Daleman terlanda banjir langganan. Alternatif ini akan dikoordinasikan dengan BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai) Bengawan Solo.

Gubernur mengatakan, sebetulnya tanggul sudah dibuat oleh BBWS BS namun hanya sekitar 200 meter dari jembatan di sisi utara. Karena itu justru di wilayah yang dihuni warga bantaran itu belum ditanggul. Panjangnya sekitar 200 meter.

Karena posisi wilayah itu yang memang lebih rendah dibandingkan sekitarnya, maka ketika air Bengawan Solo naik, bantaran yang dihuni sekitar 70-an kepala keluarga itu sudah pasti tergenang.

‘’Nanti kita minta BBWS melakukan kajian apakah memungkinkan bisa dilakukan segera, menanggul sisa sekitar 200 meter ini ke arah utara. Kalau tanggul bisa dibuat sebagaimana sisi selatan, warga aman dari banjir, sebab selama ini air sungai tidak pernah naik melebihi tanggul,’’ kata Ganjar.

Namun kalau tidak bisa ditanggul, maka Pemprov bersama Pemkab Karanganyar akan mengupayakan relokasi. Tetapi justru prosesnya lebih panjang karena harus melakukan kajian dimana lokasi yang aman untuk relokasi, anggarannya, dan persiapan lainnya.

‘’Kita juga akan tanya kepada warga, pilih yang mana. Sebab bisa jadi ada yang memilih tetap di lokasi itu asalkan aman, sebab matapencahariannya. Jadi kita cari solusinya, yang penting banjir jangan sampai ada lagi,’’ kata dia.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge