0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gelombang Pasang, Pantai Selatan Pulau Jawa Siaga

Gelombang pasang air laut (merdeka.com)

Timlo.net — Setelah gelombang pasang dan rob terjadi di sepanjang pantai di Cilacap, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap mengumumkan siaga satu di sepanjang garis pantai.

Kepala BPBD Cilacap, Tri Komara Sidhy mengemukakan, sudah mendapatkan edaran dari stasiun Meteorologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Cilacap, soal adanya gelombang tinggi terjadi mulai 19 Juni hingga 23 Juni mendatang di laut selatan Pulau Jawa.

“Terkait gelombang tinggi, kami sudah menyiapkan keperluan mulai dari logistik, posko, relawan, dan material. Kami sudah siagakan di sepanjang garis pantai mulai Pantai Teluk Penyu hingga Pantai Widara Payung,” kata Tri.

Selain itu, saat ini penguatan tanggul sempat jebol akibat rob dan gelombang pasang terjadi beberapa waktu lalu masih dikerjakan.

“Untuk penguatan tanggul masih sementara dan belum permanen. Untuk saat ini, kami sudah ajukan untuk tanggul permanen sepanjang 1,7 kilometer di empat titik tanggul yang jebol,” ujar Tri.

Kepala Kelompok Teknisi Stasiun Meteorologi BMKG Cilacap, Teguh Wardoyo mengatakan, potensi gelombang pasang masih terjadi. Mereka menyatakan sudah memberikan peringatan gelombang pasang di selatan Pulau Jawa.

“Gelombang pasang dengan menguatkan angin timuran akibat pengaruh tekanan tinggi di Australia. Berefek pada ombak di laut selatan Pulau Jawa yang berkisar 3 sampai 4 meter,” kata Teguh.

Meski begitu, Teguh berharap penguatan tanggul bisa dilakukan guna menekan dampak gelombang pasang di sepanjang Jawa Tengah selatan, Cilacap, hingga selatan Yogyakarta.

[ary]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge