0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ganjar : Sing Penting Nyawane Slamet, Ora Ana Korban

timlo.net/nanang rahadian
Banjir di daerah Waru, Kebakramat (timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang sejak Sabtu melakukan kunjungan kerja ke Karanganyar sempat mampir meninjau lokasi banjir dan juga tenda tempat warga mengungsi di Kampung Daleman, Dusun Banaran, Desa Ngringo. Dia meminta semua sabar karena bencana kali ini hampir merata se-Jateng.

Sing penting nyawane slamet, ora ana korban. Seluruh daerah juga sudah siap dan semua sudah koordinasi. Kita suplai logistik untuk membantu dan ke depan kita cari upaya untuk bisa menanggulangi bencana agar tidak terulang,” kata Ganjar, Minggu (19/6).

Sementara itu banjir di Papahan akibat meluapnya Kali Jongkang. Air meluap hingga menggenangi jalan. Polisi menutup jalan dari perempatan Papahan ke utara arah Tasikmadu, karena jalan tergenang dan penuh dengan sampah yang dibawa banjir.

Banjir terparah menggenangi Perumahan Puri Papahan Permai. Air menenggelamkan kompleks perumahan itu setinggi sekitar satu meter. Air masuk dari sungai yang ada di belakang kompleks perumahan itu, setelah pagar pembatas ambrol sepanjang sekitar 20 meter.

Warga juga tidak sempat lagi menyelamatkan barang-barang sehingga tergenang. Namun setelah hujan reda, air langsung surut meninggalkan lumpur tebal yang ada di lantai rumah dan jalanan. Minggu pagi, warga bersama elemen masyarakat lainnya bekerja bakti membersihkan lumpur.

Banjir juga melanda Dusun Tangkilan, Desa Karangmojo, Tasikmadu. Sebanyak 24 kepala keluarga terpaksa diungsikan sementara. Namun pagi hari kemudian air langsung surut sehingga mereka memilih kembali ke rumah melakukan aksi bersih-bersih.

Adapun di Waru, Kecamatan Kebakkramat, banjir menggenangi Desa Tlumpuk dan Dusun Ngunden. Sebanyak 40-an kepala keluarga terpaksa diungsikan karena rumahnya terendam. Mereka diungiskan ke masjid dan balai desa.

“Biasanya seiring dengan air yang juga surut dengan cepat, beberapa warga memilih kembali ke rumah melakukan bersih-bersih. Yang penting emua logistik dan suplai kebutuhan mereka terpenuhi,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar, Nugroho.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge