0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dispensasi Pernikahan Dini Tiap Tahun Makin Meningkat

pernikahan.
Pernikahan. (Dok: Timlo.net/ Money.CNN.com.)

Boyolali — Kasus pernikahan dini di Kabupaten Boyolali tiap tahun mengalami peningkatan. Dari data di Pengadilan Agama Boyolali, tercatat ada 49 pengajuan dispensasi kawin. Dispensasi kawin ini adalah syarat bagi warga yang masih usia dini untuk mengajukan pernikahan secara hukum.

“Pengajuan paling banyak terjadi bulan Januari mencapai 18, sedangkan bulan Mei mencapai 12 permohonan,” kata Wakil Panitera PA Boyolali, Tri Purwani,Minggu (19/6).

Diprediksi jumlah pengajuan dispensasi kawin tahun ini akan mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya. Dimana pada tahun 2015 terdapat 64 permintaan. Sesuai aturan permintaan dispensasi diperuntukkan bagi wanita yang menikah di bawah 16 tahun sedangkan laki-laki di bawah 19 tahun.

“Ada juga yang mengajukan dispensasi kawin berusia sebaya,” tambahnya.

Dijelaskan, beberapa faktor yang mengakibatkan pernikahan dini mengalami peningkatan adalah hamil sebelum menikah akibat pergaulan bebas. Padahal, pernikahan dini seringkali tidak bisa berlangsung lama. Hal ini diduga karena kedua pengantin yang masih usia dini masih belum memiliki kesiapan. Untuk itu pihaknya meminta kalangan orang tua untukm lebih mengawasi anak-anaknya.

“Orang tua harus mencegah anaknya agar tidak terjebak dalam pergaulan bebas,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge