0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hujan Deras, Safari Dalang Ramadan Tetap Berlangsung

Safari Dalang Ramadan (foto: Rosyid)

Solo – Pergelaran wayang kulit semalam suntuk, Safari Dalang Ramadan di Lor In Solo Hotel tetap berlangsung ditengah derasnya hujan yang mengguyur Kota Solo sejak sore. Meski sempat mundur dua jam dari jadwal semula, kegiatan yang merupakan agenda rutin menyambut bulan puasa itu berjalan lancar.

“Tadi sempat bingung karena hujan deras sekali. Bagaimanapun, acara tetap kita laksanakan karena ini bentuk komitmen kami terhadap budaya Jawa,” kata Project Director Safari Dalang Ramadan 2016, Narwondo Wicaksono di sela-sela acara, Sabtu (18/6).

Pergelaran dimulai pukul 22.30 WIB, mundur dari rencana awal yaitu pukul 20.30 WIB. Awalnya, jumlah penonton tak begitu banyak. Hanya sekitar 10 baris bangku terdepan untuk tamu undangan saja yang terisi. Namun setelah hujan reda, penonton berangsur-angsur mulai berdatangan. Penonton umum pun mulai berdatangan.

“Memang biasanya seperti ini, semakin malam semakin banyak yang datang menonton,” akunya.

Dalam pergelaran keenam kalinya ini, Safari Dalang Ramadan kembali bekerjasama dengan Paguyuban Dalang Surakarta (Padhasuka). Mengangkat lakon Bima Suci, pergelaran wayang semalam suntuk itu menghadirkan lima dalang senior Ki Tomo Pandoyo, Ki Anom Dwijikongko, Ki Warseno Slank, Ki Sudomo, dan Ki Maryono Brahim Saputro.

Kelima dalang tersebut secara estafet membawakan kisah perjalanan spiritual Bima, salah satu tokoh Pandawa dalam mencapai kesempurnaan. Oleh gurunya, Begawan Durna, ia pun diperintahkan untuk mencari susuh angin dan Air Prawitasari yang konon akan menjadikannya manusia paripurna.

Demi mendapatkan dua syarat tersebut, Bima pun bersusah payah menembus hutan dan laut. Bahkan dalam perjalannya, ia sempat dihadang dua raksasa dan naga air.

“Pesan yang ingin kami sampaikan adalah dalam menjalani kehidupan spiritual kita, kita justru harus bekerja keras. Bahkan menurut ajaran agama, bekerja kan juga termasuk ibadah,” kata dia.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge