0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Banyak Siswa Tetap Pilih Pendaftaran Offline

dok.timlo.net/nanang rahadian
Posko PPDB Karanganyar (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar – Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2016/2017 di Karanganyar hari ke tiga semakin ramai. Calon siswa yang mendaftar secara offline masih kerepotan saat mengurus berkas. Puluhan calon siswa terlihat lalu lalang di Posko PPDB yang berada di Kantor Dispendikpora Karanganyar.

”Awalnya mendaftar di sekolah swasta, tapi ini mau dicabut dan mendaftar di SMKN Ngargoyoso. Jadi harus bolak-balik mencabut berkas. Kalau lewat on line belum tahu caranya,” kata Ridwan (15) alumni SMPN 1 Ngargoyoso, Sabtu (18/6).

Ridwan adalah salah seorang pendaftar SMKN Ngargoyoso mengaku kerepotan karena harus bolak-balik mencabut berkas. Dia tidak memanfaatkan PPDB secara on line karena belum memahami caranya.

Senada diungkapkan salah satu orang tua murid, Gunadi (56). Warga Tawangmangu itu menghantarkan anaknya untuk mendaftar di SMAN 1 Karanganyar. Sebelumnya, anaknya sudah mendaftar ke SMKN 1 Karanganyar secara offline. Namun karena ingin berganti sekolah tujuan, dia mencabut berkas.

”Cabut berkas harus ke kantor dinas, ini cukup repot,” katanya.

Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga (Dispendikpora) Karanganyar Agus Hariyanto mengatakan, PPDB on line lebih mudah dan efisien dibandingkan secara offline. Pendaftar tidak perlu lagi menunggu nilai di sekolah pilihan pertama dan mencabut berkas secara langsung pada saat PPDB berlangsung. Pemindahan berkas bisa dilakukan setelah dinyatakan diterima di salah satu sekolah pilihan.

”Kalau PPDB off line pendaftar ribet cabut berkas ke sana ke mari. PPDB online siswa tinggal satu kali pendaftaran,” tandasnya.

Ditambahkan, pelaksaan PPDB on line di Karanganyar selalu diperbaiki setiap tahun. Bahkan, Dispendikpora telah bekerja sama operator seluller untuk memastikan tidak ada kecurangan.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge