0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Remaja Ini Bobol Situs Pentagon, Malah Diberi Penghargaan

browser dihack
Ilustrasi. (Dok: Timlo.net/The Register.)

Timlo.net—Seorang remaja menghabiskan waktu 10 hingga 15 jam di sela-sela pelajaran sekolah untuk menghack situs milik Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) dengan laptopnya. Tapi bukannya dipenjara, remaja bernama David Dworken ini justru memperoleh ucapan terima kasih dari Pemerintah AS.

Remaja berusia 18 tahun itu merupakan salah satu dari dua orang yang dipuji oleh Menteri Pertahanan Ash Carter di Pentagon, Jumat minggu ini. “Kami tahu jika beberapa orang yang disponsori negara dan para hacker black-hat ini menantang dan memanfaat kelemahan jaringan kami. Apa yang tidak kami hargai sebelum program perintisan ini adalah berapa banyak hacker white hat di luar sana yang ingin membuat perbedaan,” kata Carter.

Carter juga berterima kasih terhadap Craig Arendt, konsultan keamanan dari Stratum Security. Lebih dari 1400 orang berpartisipasi dari program perintisan yang dirilis tahun ini dan menemukan 138 cacat program, kata Pentagon.

Proyek itu mengundang para hacker untuk menguji keamanan cyber dari beberapa situs Departemen Keamanan yang bisa diakses masyarakat. Proyek perintisan ini hanya dibatasi untuk menghack situs-situs publik dan para hacker tidak memiliki akses ke area-area yang sangat sensitif.

Pemerintah AS menuding Cina dan Rusia, menuduh mereka mencoba mengakses sistem pemerintahan di masa lalu. Pentagon berkata jika mereka membayar total $75 ribu kepada para hacker yang sukses, dengan jumlah beragam mulai dari $100 hingga $15.000.

Dworken, lulus Senin minggu ini dari SMA Maret di Washington, D.C., menemukan enam cacat, tapi tidak menerima hadiah uang karena cacat ini sudah dilaporkan. Akan tetapi, Dworken berkata jika dia sudah diketahui oleh beberapa pihak tentang peluang magang. Pemuda itu berkata jika cacat program yang dia temukan mengizinkan pihak lain untuk menampilkan apapun yang mereka inginkan di situs-situs itu dan mencuri informasi akun.

Dworken akan belajar ilmu komputer di Northeastern University. Dia bercerita jika pertama kali dia menghack adalah saat dia kelas 10 dan menemukan bug di situs sekolahnya. “Hack the Pentagon” dibuat menyerupai kompetisi serupa yang diadakan oleh perusahaan-perusahaan di AS untuk menemukan cacat program dalam jaringan keamanan mereka.

Pentagon berkata jika program perintisan ini menghabiskan uang senilai $150 ribu termasuk uang penghargaan dan beberapa inisiatif tindak lanjut.

Sumber: Mirror.co.uk

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge