0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Teliti Niat Berwirausaha Raih Gelar Doktor UNS

istimewa
Syahran (istimewa)

Solo – Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Borneo, Tarakan, Kalimantan Timur berhasil meniti masalah Niat Berwirausaha. Hasil penelitiannya telah menghantarkan Syahran, dosen tersebut meraih gelar Doktor Universitas Sebelas Maret (UNS).

“Berdasarkan hasil penelitian kami, menyimpulkan bahwa sikap, keinginan dan akses mendapatkan modal berpengaruh pada niat berwirausaha,” jelas Syahran kepada wartawan seusai mempertahankan disertasinya di depan Dewan Penguji, di Rektorat UNS, Solo.

Menurut Syahran, penelitiannya juga menyimpulkan variable self efficacy merupakan variable moderasi norma subyektif pada niat berwirausaha yang merupakan representasi variable control perilaku dan variable kemudahan yang dirasakan.

“Hal ini dibuktikan hasil analisis kami dan pengujian hipotesis,” ujarnya.

Syahran mengungkapkan hasil penelitiannya berdasarkan disertasinya yang berjudul Keterkaitan Antara Sikap, Keinginan dan Akses Mendapatkan Modal : Peran Self Effecacy Sebagai Variabel Pemoderasi Pengaruh Norma Subyektif Pada Niat Berwirausaha.

Lebih lanjut ia mengakui, hasil penelitian memiliki keterbatasan metodologis, antara lain karena hanya berdasarkan data dari jawaban persepsi responden dengan menggunakan metode survey dengan kuesioner closed ended question.

Selain itu, kata Syahran, penggunaan sampel mahasiswa dalam suatu area tertentu membatsi generalisasi untuk sampel dan wilayah yang lain. Penelitian ini hanya menggunakan mahasiswa fakultas ekonomi dari universitas yang ada di Yogjakarta.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge