0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Penerapan Jalur Searah Purwosari-Gendengan Mundur Dari Jadwal

Jalan Slamet Riyadi (foto: Rosyid)

Solo – Sistem Satu Arah (SSA) akan diterapkan di Jalan Slamet Riyadi ruas Purwosari – Gendengan mulai diberlakukan H-7 lebaran. Penerapan tersebut mundur seminggu dari target semula yaitu dua minggu sebelum hari raya.

“Paling lambat besok H-7 lebaran kita terapkan sekalian untuk persiapan arus mudik,” kata Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo, Jumat (17/6).

Awalnya, penerapan SSA di ruas jalan tersebut akan diterapkan dua minggu sebelum hari raya. Namun sampai saat ini, proses penambalan bekas median jalan yang dibongkar akhir pekan lalu belum selesai.

Akibatnya, implementasi SSA terpaksa diundur. Selain pengaspalan jalan, Walikota juga meminta Dishubkominfo agar segera memasang rambu-rambu lalu lintas pendukung implementasi SSA di kawasan tersebut.

Ia menambahkan, penerapan SSA dianggap sebagai solusi mengurai keadatan lalu lintas di Solo. Pasalnya, kemampuan Kota Solo menambah kapasitas jalan sangat terbatas baik karena minimnya lahan maupun anggaran. Sementara di sisi lain, jumlah kendaraan bermotor setiap hari terus bertambah.

“Kalau tidak dibuat satu arah, akan semakin macet. Kita sudah tidak bisa nambah jalan. Mau dibuat jalan layang kok rasanya kurang pas,” kata dia.

Terpisah, pemerhati transportasi, Muslich Hartadi menilai penerapan SSA H-7 Lebaran dinilai akan menimbulkan masalah lalu lintas di jalan-jalan alternatif. Berdasarkan pengalaman, masyarakat membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri dengan rekayasa lalu lintas yang baru.

“Yang harus diperhatikan, rute alternatif dari Gendengan yang dari arah Kota Barat ke Barat itu akan dilewatkan mana,” kata dia.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge