0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemudik dengan Kendaraan Pribadi Diperkirakan Meningkat

dok.timlo.net/achmad khalik
Inspeksi angkutan lebaran di Terminal Tirtonadi Solo (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Pemudik dengan membawa kendaraan pribadi diprediksi meningkat sekitar 5-10 persen pada Lebaran tahun 2016 ini. Sedangkan, pemudik yang memanfaatkan armada bus sedikit mengalami penurunan sekitar 1-2 persen. Penurunan yang terjadi, lantaran pemudik memilih menggunakan moda transportasi lain seperti kereta api maupun pesawat terbang.

“Tahun ini, masih didominasi pemudik dengan kendaraan pribadi. Entah itu sepeda motor maupun mobil pribadi,” terang Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Pudji Hartanto Iskandar, Jumat (17/6).

Informasi yang dihimpun dari situs Kementerian Perhubungan, pada mudik Lebaran 2015 lalu jumlah pemudik mencapai 20 juta orang. Jumlah tersebut, terdiri dari pemudik yang menggunakan transportasi darat, laut maupun udara. Tercatat, pengguna transportasi darat (bus dan kereta api) sebanyak 5,5 juta pemudik, kapal laut mencapai 3,7 juta pemudik dan pengguna pesawat terbang mencapai 4,1 juta pemudik.

Yang menjadi sorotan tajam adalah pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi yang mencapai angka sangat fantastis, yakni 6,7 juta pemudik. Dari angka tersebut, 2 juta diantaranya merupakan pemudik dengan menggunakan sarana sepeda motor.

“Maka dari itu, Kementerian Perhubungan saat ini makin gencar menerapkan mudik gratis untuk mengurangi tekanan jalan akibat pengguna kendaraan pribadi saat mudik lebaran ini. Disamping, mengurangi angka kecelakaan yang ditimbulkan akibat pengendara sepeda motor,” jelasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge