0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pastikan Jalur KA Aman, Polisi Sisir Rel

Polisi periksa rel KA (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar —  Puluhan anggota Satuan Sabhara Polres Karanganyar menyisir perlintasan kereta api (KA) jurusan Solo-Madiun, Stasiun Palur, Jaten, Jumat (17/6). Penyisiran itu dilakukan untuk memastikan kelayakan jalur KA sebelum digunakan untuk jalur mudik.

”Ini baru penyisiran awal, kami akan berkoordinasi dengan PT KAI untuk melakukan penyisiran lanjutan secara rutin. Penyisiran dilakukan sampai mendekati Lebaran,” kata Kasat Sabhara Polres Karanganyar Mardiyanto.

Puluhan personel menyisir rel perlintasan KA. Mereka memeriksa dan memastikan bantalan rel hingga mur dan baut rell dalam keadaan aman.  Kebetulan di lokasi tersebut juga terparkir KA Multi Tie Tamper (MTT) yang digunakan untuk perbaikan perlintasan rell bermasalah.

“Kami  juga menyisir untuk mencari benda yang dapat membahayakan KA. Seperti besi, kayu maupun batu,” kata AKP Mardiyanto.

Namun selama penyisiran lebih dari satu jam, petugas tidak menemukan apapun. Petugas juga tidak menemukan mur maupun baut yang kendur. Saat Lebaran, perjalanan KA meningkat. Untuk itu, Polres Karanganyar melakukan penyisiran awal di perlintasan KA yang berada di wilayah hukum Polres Karanganyar.

Sementara itu Kasubag Humas Polres Karanganyar AKP Rochmat menambahkan, Polres Karanganyar juga mempersiapkan jalur pemudik darat. Satlantas akan memasang rambu penunjuk arah di jalur-jalur yang rawan. Baik rawan kecelakaan, rawan kemacetan, maupun rawan kejahatan jalan.

”Tidak hanya di perlintasan KA, polres juga mempersiapkan jalur darat agar aman dilalui pemudik,” tandas Rochmat.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge