0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sebagian Besar Angkutan Lebaran Kurang Layak

dok.timlo.net/achmad khalik
Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Pudji Hartanto Iskandar saat melakukan inspeksi angkutan lebaran di Terminal Tirtonadi Solo (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Armada angkutan Lebaran dinilai masih kurang layak untuk beroperasi. Temuan tersebut muncul setelah Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Pudji Hartanto Iskandar melakukan sejumlah inspeksi kelaikan angkutan Lebaran ke sejumlah kawasan terminal yang tersebar di Indonesia.

“Dari 200-an bus angkutan Lebaran, yang layak hanya sekitar 20-30-an bus saja. Sisanya perlu dibenahi di pool masing-masing PO bus tersebut,” terang Pudji disela kunjungannya ke Terminal Tirtonadi, Solo, Jumat (17/6).

Berdasarkan pemantauan yang dilakukan secara langsung, kata Pudji, pelanggaran yang dilakukan meliputi tidak berfungsinya pintu darurat yang dipasang di bus angkutan lebaran, kaca bagian depan bus retak, modifikasi transmisi bus dari manual menjadi matic dan masih banyak yang lain. Diharapkan, kerusakan tersebut dapat diperbaiki terlebih dahulu oleh perusahaan bus sebelum nantinya dioperasionalkan sebagai angkutan lebaran. Sedangkan, modifikasi yang membahayakan pada pemindah tenaga kendaraan bermotor dapat berakibat fatal lantaran tidak sesuai spesifikasi mesin.

“Saya sudah berkeliling-keliling tiap terminal tipe A di Indonesia. Ya itu tadi, yang menjadi temuan, mulai kaca retak, pintu emergency tidak berfungsi, ban gundul, safety belt masih banyak yang lain pokoknya,” jelas Pudji.

Pantauan dilapangan, Kementerian Perhubungan nampaknya tidak ingin main-main dalam menetapkan zero accident dalam lebaran tahun ini. Terbukti, dalam beberapa hari terakhir sejumlah pejabat dari Kementerian Perhubungan terus melakukan inspeksi terhadap sejumlah angkutan lebaran baik di lokasi (pool) Perusahaan Otobis (PO) secara langsung maupun saat beroperasi memasuki Terminal Tirtonadi.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge