0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Panitera Kena Kasus Suap, Pengadilan Mengelak Hakimnya Terlibat

merdeka.com
Sidang Saipuil Jamil (merdeka.com)

Timlo.net – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapka empat tersangka dalam kasus dugaan suap Saipul Jamil di PN Jakarta Utara. Dari 4 orang yang ditangkap, salah satunya adalah Rohadi, seorang panitera pengganti.

Selain Rohadi, yang ditangkap adalah dua pengacara Saipul Jamil dan kakak Saipul Jamil. Ketiganya diduga sebagai perantara pemberi suap agar putusan terhadap pedangdut itu menjadi lebih ringan.

Seperti diketahui, Majelis Hakim yang memberi vonis Saipul Jamil 3 tahun penjara diketuai oleh Ifa Sudewi. Padahal Jaksa sebelumnya menuntut Saipul dengan 7 tahun bui. Lalu mungkinkah kasus dugaan suap vonis Saipul Jamil melibat hakim di PN Jakarta Utara?

“Jadi ketika kasus ini belum diumumkan KPK, artinya masih sebatas isu. Kami sudah mengumpulkan semua hakim. Nah mereka (hakim) menyatakan tidak ada hubungan atau komunikasi dengan R maupun dengan kuasa hukum terdakwa (Saipul Jamil),” ujar Humas PN Jakut, Hasoloan Sianturi, Jumat (17/6).

Lalu mana mungkin seorang panitera pengganti bisa mempengaruhi putusan pengadilan jika tidak ada main mata dengan hakim?

“Saya tidak tahu bagaimana polanya si R ini. Dia itu kan ditangkap di luar kantor, dan kami belum bisa bertemu dia sejak ditahan KPK. Jadi kami belum tahu apa yang dia lakukan,” ujar Hasoloan.

[hhw]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge