0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Lebaran, Diprediksi 8,5 Juta Kendaraan Bermotor Lewat Solo

(Ilustrasi) Petugas Dishubkominfo Solo sedang melakukan pengalihan arus (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo —  Dinas Perhubungan Komunisi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Solo memprediksi akan terjadi kenaikan 10 persen kendaraan dalam mudik Lebaran kali ini. Tercatat, tahun lalu terdapat 7,3 juta kendaraan yang keluar masuk Kota Solo. Diprediksi, tahun ini menjadi 8,5 juta kendaraan bermotor.

“Jadi kenaikan sekitar 1,2 juta kendaraan bermotor,” terang Kabid Lalu Lintas Dishubkominfo Kota Solo, Sri Baskoro, Jumat (17/6).

Tingginya jumlah pengguna kendaraan bermotor tersebut, kata Baskoro, kebanyakan dari arah barat Kota Solo. Mereka merupakan pemudik dari kawasan Jawa Barat yang akan menuju Jawa Timur atau ke Wonogiri, Sukoharjo, Sragen maupun Karanganyar. Mengantisipasi lonjakan pemudik tersebut, pihaknya telah berkoordinasi lintas kawasan supaya kemacetan yang terjadi tidak makin ‘mengular’.

“Pintu masuk Kota Solo ada tiga titik, di antaranya Jalan Slamet Riyadi, Jalan Adi Sucipto serta Kawasan Pajang, Laweyan. Maka dari itu, kami membutuhkan kerjasama dengan kawasan lain, supaya dikawasan underpass tidak terjadi kemacetan yang berdampak pada macetnya lalu lintas di Kota Solo,” terangnya.

Selain itu, pihaknya juga melakukan pengawasan ketat disejumlah pintu masuk Kota Solo yang lain. Diantaranya, pintu masuk utara utara yang berada di kawasan Kelurahan Mojosongo; pintu masuk timur ada di Jurug, Jebres dan pintu masuk selatan berada di kawasan Gemblegan, Serengan.

“Kami pantau intensif, sejumlah pintu masuk. Jika terjadi kemacetan, maka akan kami terjunkan petugas untuk mengurai kemacetan,” jelasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge