0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Begini Lho Cara Mengenali Uang Palsu

dok.timlo.net/nanang rahadian
Sosialisasi kewaspadaan uang palsu (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Peredaran uang palsu (Upal) menjelang Hari Raya Idul Fitri (Lebaran) diprediksi akan meningkat. Mengantisipasi hal tersebut, Sat Binmas Polres Karanganyar mengadakan Sosialisasi Kewaspadaan Upal di Pasar Jungke, Karanganyar, Kamis (16/6).

”Sosialisasi ini untuk mengantisipasi peredaran Upal menjelang Lebaran. Karena saat-saat Lebaran peredaran uang tinggi, ini dimanfaatkan pengedar Upal untuk beraksi,” kata Kasat Binmas Polres Karanganyar AKP Sutami.

Dalam sosialisasi itu, pihaknya menunjukkan contoh uang palsu pecahan Rp 20 ribu, Rp 50 ribu dan Rp 100 ribu. Selain itu, Polres juga membagikan selebaran imbauan mengenai ciri-ciri uang palsu. Cara mudah mengenali Upal dengan cara 3 D, yakni dilihat, diraba dan ditrawang.

”Uang palsu jika dilihat berwarna pucat, tidak disertai benang pengawan, tinta pembuatannya tidak menghasilkan perubahan kalau dilihat dari sudut pandang lainnya. Sedangkan uang asli kebalikannya dari Upal,” jelas AKP Sutami.

”Jika diraba, Upal terbuat dari kertas tipis yang mudah robek, lambang negara tidak ada tekstur, dan tekstur kasar terbuat dari tinta sablon. Uang palsu kalau diterawang tanda air pahlawan berlawanan, tanda air tersebut tidak memunculkan tekstur, dan gambar permukaan depan tidak saling mengisi, bahkan berantakan,” terangnya.

Ditambahkan, kerawanan peredaran Upal mulai terjadi mendekati Lebaran. Masyarakat diminta melapor kepada polisi jika menemukkan Upal.

Sekadar informasi, polisi belum lama ini menggerebeg rumah kontrakan di Kompleks Perumahan Fajar Indah Jalan Melati Nomor 19 Kecamatan Colomadu, karena memproduksi uang palsu. Saat itu, barang bukti diamankan 30 ikat uang siap edar pecahan Rp 100 ribu  senilai Rp 10 juta serta 200 lembar kertas uang palsu yang sudah dicetak tapi belum dipotong.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge