0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tim Temukan Angkutan Lebaran dengan Kondisi Kaca Retak

timlo.net/achmad khalik
Petugas menemukan kaca retak di armada angkutan lebaran (timlo.net/achmad khalik)

Solo – Tim gabungan dari Kementerian Perhubungan Darat bersama dengan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Solo dan Satlantas Polresta Solo menemukan sebuah bus yang tidak laik menjadi angkutan lebaran tahun ini. Pasalnya bus yang masih beroperasi tersebut mengalami retak di bagian kaca depan.

“Salah satu faktor yang menjadi tidak laik adalah angkutan lebaran mengalami kaca pecah atau retak,” terang Kasubdit Pengendali Keselamatan Dirjen Perhubungan Darat, Marwoto Heru S, Kamis (16/6).

Selain faktor tersebut, kata Heru faktor lain yang menjadi perhatian adalah penggunaan ban sesuai standar, rem berfungsi dengan baik, pengukur kecepatan atau speedo meter dalam kondisi berfungsi serta sabuk keselamatan pengemudi. Meski begitu, saat ini bus tersebut masih diperbolehkan untuk beroperasi. Namun, jika ingin mengangkut penumpang lebaran wajib mengganti kaca bagian depan.

“Ini sangat membahayakan, terlebih di bagian utama yakni kaca depan,” jelasnya.

Sejauh ini, Kementerian Perhubungan Darat intens mengamati angkutan lebaran. Tak hanya di Kota Solo, melainkan sejumlah terminal tipe A lain di seluruh kawasan Indonesia.

“Kalau di Jawa Tengah, meliputi Solo, Semarang, Tegal dan Purwokerto. Ini merupakan program serentak untuk mewujudkan zero accident dalam lebaran tahun ini,” jelas Heru.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge