0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pasokan Ikan Laut Langka, Harga Terus Melejit

Pedagang ikan di pasar (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Dampak gelombang tinggi di perairan Laut Jawa, hingga sampai saat ini masih dirasakan pedagang ikan laut di Pasar Boyolali Kota. Akibat yang dirasakan, pasokan ikan laut langka dan mengakibatkan harga terus melejit.

“Kenaikan sudah sejak awal puasa, tapi ini paling tinggi, antara Rp 4 ribu hingga Rp 20 ribu perkilogram,” kata Atik, salah satu pedagang ikan laut, Kamis (16/6).

Dari berbagai jenis komoditas laut, udang yang harganya melambung sangat tinggi. Dari harga Rp 60 ribu naik menjadi Rp 80 ribu perkilogramnya. Setelah itu, cumi-cumi dari harga Rp 50 ribu naik menjadi Rp 56 ribu. Disusul kemudian, salem dari harga Rp 25 ribu naik menjadi Rp 30 ribu, tongkol dari harga Rp 22 ribu naik menjadi Rp 28 ribu dan tuna dari harga Rp 30 ribu naik menjadi Rp 34 ribu.

“Harga ikan air tawar juga ikut-ikutan naik, mujair yang biasanya Rp 38 ribu naik menjadi Rp 42 ribu perkilogramnya,” tambahnya.

Di sisi lain, di tengah pasokan mengalami kelangkaan, justru tingkat pembelian masyarakat meningkat. Konsumen banyak yang beralih ke ikan laut menyusul mahalnya harga daging ayam dan sapi.

“Sementara pindah ikan dulu, lebih murah, walaupun selisihnya sedikit,” tandas Wati, ibu rumah tangga.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge