0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Waspadai Makanan Mengandung Pewarna Pakaian

(Ilustrasi) Makanan yang diduga mengandung pewarna pakaian. (dok.timlo.net/agung widodo)

Sragen — Banyak makanan dan minuman yang diduga mengandung zat pewarna pakaian atau rhodamin beredar di pasaran. Selain itu makanan yang masa kadaluwarsa hampi habis ditemukan di Pasar Gondang, Sragen.

“Kami mencurigai sejumlah makanan yang dijual mengandung zat pewarna pakaian. Untuk mengetahui kami ambil sampelnya dulu untuk diteliti lebih lanjut,” kata Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati.

Saat melakukan inpeksi mendadak (Sidak) di sejumlah pasar tradisional, Rabu (15/6), Yuni yang didampingi Wabup Dedy Endriyatno dan Dinas Perdagangan Sragen menemukan banyak makanan dan minuman (mamin) yang diduga mengandung zat warna tekstil.

Sedikitnya ada 15 jenis makanan diambil sampelnya untuk diteliti lebih lanjut. Makanan tersebut di antaranya mie basah, cendol, kerupuk, dan kolang kaling.

Menurut Yuni, mamin yang terindikasi mengandung zat pewarna itu terlihat dari warnanya yang mencolok dan mengundang selera. Dia meminta para pedagang untuk tidak lagi menjual mamin yang sangat membahayakan bagi kesehatan tersebut.

Selain itu, dalam sidak tersebut pihaknya juga menemukan sejumlah makanan yang masa kedaluwarsanya hampir habis.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge